Home Berita Instansi dan Kementerian Bendahara SD dan SMP se Bangka Tengah Ikuti Bimtek Penatausahaan Keuangan

Bendahara SD dan SMP se Bangka Tengah Ikuti Bimtek Penatausahaan Keuangan

166
0
SHARE
Bendahara SD dan SMP se Bangka Tengah Ikuti Bimtek Penatausahaan Keuangan

KOBA - Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Sugianto, membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penatausahaan Keuangan bagi Bendahara Sekolah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten Bangka Tengah bertempat di Aula Gedung Diklat BKPSDMD, Senin (27/11/2023).

Di awal kata sambutannya, Sugianto menjelaskan Apartur Sipil Negara (ASN) merupakan sumber daya aparatur negara yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintah. Salah satunya yaitu terkait dengan bidang tugas seorang bendahara sekolah dalam menjalankan peran dan fungsinya sebagai pengelola keuangan di sekolah.

“Berhasil atau tidaknya seorang ASN dalam melaksanakan kewajibannya, adalah tergantung bagaimana cara mengambil tindakan dalam menyelesaikan pekerjaannya,” ungkapnya.

Sugianto juga menjelaskan pengetahuan dan keterampilan dalam teknis pengelolaan keuangan di sekolah merupakan suatu kompetensi yang harus benar-benar dimiliki oleh setiap bendahara agar tidak terjadi permasalahan-permasalahan keuangan, karena akan membawa dampak yang buruk.

“Dalam mengelola keuangan sekolah, peran bendahara sangatlah krusial. Bendahara tidak hanya bertanggung jawab untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran, tetapi juga memiliki peran strategis dalam memastikan keuangan sekolah berjalan dengan efisien dan transparan,” jelasnya.

Oleh karena itu, bimbingan teknis ini diselenggarakan untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan Bapak/Ibu bendahara sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan lebih baik.

“Mari jadikan kesempatan ini sebagai momentum untuk meningkatkan kapasitas diri dan meningkatkan kualitas pelayanan keuangan di lingkungan sekolah masing-masing,” ajak Sugianto.

Ia berharap dengan adanya kegiatan bimtek ini dapat memacu semangat para bendahara sekolah agar mampu bekerja lebih maksimal sehingga dapat mengelola dan menghasilkan laporan keuangan yang sesuai dengan aturan atau juknis yang berlaku serta dapat dipertanggungjawabkan.

“Mengingat pentingnya bimtek ini, maka saya berharap kepada Bapak/Ibu sekalian untuk dapat mengikuti kegiatan bimtek ini sampai dengan selesai, aktif dan responsif, pahami materi atau praktik yang disampaikan oleh narasumber agar nantinya ilmu yang didapat pada bimtek ini dapat diterapkan dengan baik di tempat Bapak/Ibu bekerja,” tutur Sugianto.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala BKPSDMD, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, bendahara sekolah dari seluruh SD/SMP di Kabupaten Bangka Tengah.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Irvan

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Dodi Firmansyah