Home Berita Terkini Bimtek Kearsipan Pengelola Arsip Sekolah, Bupati Bateng: Arsiparis Orang Pilihan

Bimtek Kearsipan Pengelola Arsip Sekolah, Bupati Bateng: Arsiparis Orang Pilihan

641
0
SHARE
Bimtek Kearsipan Pengelola Arsip Sekolah, Bupati Bateng: Arsiparis Orang Pilihan

Pangkalan Baru – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Kabupaten Bangka Tengah gelar kembali Bimbingan Teknis Kearsipan bagi Pengelola Arsip Sekolah untuk Tahun Anggaran 2021. Acara ini bertempat di Hotel Grand Vella, Pangkalan Baru, Bangka Tengah dan dibuka oleh Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, ST., pada hari pertama, Selasa (16/03/2021).

Sasaran kegiatan bimtek ini sejumlah 67 orang pengelola arsip sekolah se-Bangka Tengah dengan pendanaan bersumber dari anggaran DPA Kegiatan Bimtek Kearsipan digabung dengan anggaran Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Kearsipan Internal.

Membuka acara, Algafry menyampaikan selamat kepada para peserta dan berterima kasih kepada DKP karena telah menggelar acara bimtek yang sangat penting dan bermanfaat ini.

“Harapannya bimtek ini betul-betul dimanfaatkan, dirasakan, dan dinikmati. Jika serius, maka akan dimudahkan jalan Bapak/Ibu untuk mendapatkan ilmu. Suatu hari kegiatan ini pasti akan ada manfaatnya. Jadi jangan disepelekan,” ujarnya.

Algafry juga memahami pekerjaan arsip itu tidak bergengsi dan tidak diminati, padahal sebenarnya orang yang bisa bekerja di kearsipan adalah orang pilihan, penuh ketelitian dan sistematis. Untuk itu Ia meminta Arsiparis untuk serius menekuni bidang ini karena sangat penting dan diperhatikan oleh Pemerintah Daerah Bangka Tengah.

“Untuk tahun ini alhamdulillah, setiap Arsiparis sekolah akan dibantu oleh Pemda Bangka Tengah dengan honor sejumlah Rp 150.000,- setiap bulannya, dan dibayar setiap 3 bulan sekali. Doakan kondisi Covid-19 menurun. Keseriusan Bapak/Ibu kami pantau, bisa saja tahun depan anggaran ini bisa dinaikkan,” ucap Algafry yang disambut antusiasme para peserta. 

Sementara itu, Kepala DKP, Budi Utama, S.STP., M.Si., mengatakan bahwa bimtek ini telah dilaksanakan 2019 dan 2020 yang lalu, dilanjutkan kembali 2021 bagi pengelola arsip yang belum bimtek. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari (16-17 Maret 2021).

“Kami sangat berharap pada kawan-kawan pengelola arsip sekolah, bahwa kita akan lakukan pendataan siswa di sekolah masing-masing terlebih dahulu, didata sejak awal berdirinya sekolah. Hal ini karena data siswa merupakan data statistik yang perlu dikelola. Kita akan mulai dari pencipta arsip, yakni Bapak/Ibu Arsiparis sekalian,” kata Budi.

Lebih lanjut Budi Utama menerangkan bahwa DKP bekerja sama dengan Diskominfosta akan meresmikan aplikasi arsip digital yang disebut ARSIP BERIMAN (Aku Rawat Sistem Informasi Penting – Bersifat Rahasia dan Aman), yakni aplikasi yang bisa diunduh di Playstore dan bisa digunakan masyarakat untuk menyimpan data-data penting secara digital.

“Kami sangat berharap dukungan dari Bupati Bateng karena dinas ini adalah dinas pengumpul memori daerah bahkan memori negara, yang mempersatukan dokumen-dokumen khususnya yang ada di Bangka Tengah,” ujarnya.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Kepala DKP, Budi Utama, S.STP., M.Si., yang mengisi materi Pengelolaan Arsip Dinamis dan dan Kebijakan Kearsipan Daerah serta Emi Danita, S.Sos, selaku arsiparis muda yang mengisi materi Pengelolaan Arsip Aktif dan Pengelolaan Arsip Inaktif. * (APJ/WEE/Foto:APJ/YHP)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah