Home Berita Instansi dan Kementerian Bimtek Kurikulum Merdeka Jenjang SMP/MTs, Bangka Tengah Dukung Kemerdekaan Belajar

Bimtek Kurikulum Merdeka Jenjang SMP/MTs, Bangka Tengah Dukung Kemerdekaan Belajar

116
0
SHARE
Bimtek Kurikulum Merdeka Jenjang SMP/MTs, Bangka Tengah Dukung Kemerdekaan Belajar

PANGKALAN BARU – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Bateng menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kurikulum Merdeka Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP)/MTs se-derajat se-Kabupaten Bateng Tahun 2022.

Bertempat di di Ballroom Hotel Grand Vella, Kecamatan Pangkalan Baru, Selasa (05/07/2022) pembukaan Bimtek Kurikulum Merdeka dibuka oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Bateng, Wahyu Nurrakhman.

Bimtek ini diadakan mulai dari tanggal 05–07 Juli 2022 yang diikuti 46 peserta yang merupakan tenaga pendidik dari 27 sekolah serta menghadirkan Fasilitator Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai narasumber.

Mewakili Bupati Bateng, Wahyu mengatakan era pendidikan saat ini bergerak ke arah kemerdekaan belajar sehingga hadirnya Kurikulum Merdeka ini diharapkan dapat menyesuaikan situasi, kondisi serta arah pendidikan yang ada.

“Sebagaimana yang kita rasakan bersama saat ini, era pendidikan bergerak ke arah kemerdekaan belajar. Di mana para pembelajar harus lebih akrab dengan teknologi, seraya melanjutkan kegiatan pembelajaran yang sesuai,” kata Wahyu.

“Jadi diharapkan, dengan Kurikulum Merdeka ini anak-anak dapat diberi sesuatu yang berbeda dalam pembelajaran serta dapat mengembangkan kompetensi diri sesuai dengan kemampuan yang mereka punya,” jelasnya.

Wahyu juga berpesan agar para tenaga pendidik yang mengikuti Bimtek ini agar dapat bersungguh-sungguh serta memahami Kurikulum Merdeka ini agar penerapannya bisa berjalan dengan efektif serta efisien.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Bateng, Iskandar, mengutarakan harapan dengan diselenggarakannya Bimtek ini, seluruh sekolah yang mengikuti Bimtek dapat melaksanakan Kurikulum Merdeka di tahun ajaran baru nantinya.

“Diharapkan seluruh sekolah di Bangka Tengah bisa betul-betul melaksanakan atau mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran baru ini. Dan untuk para tenaga pendidik juga diharapkan bisa menguasai secara teknis apa saja yang perlu disiapkan di sekolah terkait Kurikulum Merdeka,” ungkap Iskandar yang juga merupakan salah satu narasumber pada Bimtek ini.

Menanggapi hal ini, Adhi (36) salah satu guru di SMPN 3 Simpang Katis ini menyambut antusias. Ia berharap dengan adanya Bimtek ini, dirinya beserta tenaga pendidik lainnya dapat mengetahui secara dalam terkait Kurikulum Merdeka.

“Selama ini sebaga tenaga pendidik kami masih meraba-raba terkait Kurikulum Merdeka yang baru ini. Jadi dengan adanya Bimtek yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Bateng, kami bisa mengetahui secara keseluruhan serta bisa berdiskusi secara langsung,” ungkap Adhi.

“Selain itu, setelah selesai mengikuti Bimtek, kami juga bisa saling berbagi dengan guru-guru yang ada di sekolah kami masing-masing,” sambungnya.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Prayogi J

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Prayogi J