Home Daerah Bimtek Perangkat Desa se-Bateng 2021 Berlanjut, Hadirkan Nasumber Berkompeten

Bimtek Perangkat Desa se-Bateng 2021 Berlanjut, Hadirkan Nasumber Berkompeten

827
1
SHARE
Bimtek Perangkat Desa se-Bateng 2021 Berlanjut, Hadirkan Nasumber Berkompeten

Keterangan Gambar : Pelaksanaan bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa di hari kedua yang digelar oleh Bina Pengembangan Potensi Dan Inovasi Desa (BPPID) dari Kementerian Dalam Negeri, (APDESI) yang difasilitasi oleh Dinsos-PMD Bangka Tengah yang bertempat di Hotel Soll Marina, Kecamatan Pangkalan Baru berjalan dengan lancar, Kamis(07/01/2021).

Menghadirkan narasumber pertama yakni Dr. Conrita Ermanto, M.Si., dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Materi yang disampaikan salah satunya tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2021 untuk pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) desa berdasarkan Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi No.13 Tahun 2020.

"Ada beberapa prinsip yang harus dilaksanakan dalam penggunaan dana desa yaitu kemanusiaan, keadilan, kebhinekaan, keseimbangan alam dan kepentingan nasional,” terang Conrita.

Menurutnya semua peserta yang hadir mengikuti bimtek tersebut adalah leader/pemimpin desa masing-masing daerahnya yang bertugas untuk membuat keputusan di desa. Oleh karena itu, diharuskan berpikir kreatif dan inovatif. Tidak lagi "think of the box" tapi "think of the out box".

Di sesi selanjutnya para peserta bimtek melakukan praktek penggunaan aplikasi SISKEUDES versi 2.0.3 yang disampaikan oleh Auliya Ul Haviz Anshory, S.STP, selaku Tim dari Ditjen Bina Pemdes Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.