Home Berita Terkini Buka Pelatihan Kewirausahaan Pengolahan Madu, Algafry Himbau UMKM Maksimal Manfaatkan Potensi dan Sumber Daya

Buka Pelatihan Kewirausahaan Pengolahan Madu, Algafry Himbau UMKM Maksimal Manfaatkan Potensi dan Sumber Daya

252
0
SHARE
Buka Pelatihan Kewirausahaan Pengolahan Madu, Algafry Himbau UMKM Maksimal Manfaatkan Potensi dan Sumber Daya

Koba - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi-UKM (Disperindagkop-UKM) menggelar Pelatihan Kewirausahaan Bidang Keterampilan Teknis Pengolahan Madu di Hotel Grand Vella, Kecamatan Pangkalanbaru, Rabu (02/06/2021).

Membuka Kegiatan ini Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman,S.T., dalam sambutannya mengatakan bahwa kewirausahaan merupakan strategi pendorong tumbuhnya perekonomian suatu wilayah bahkan suatu negara.

“Pencapaian pertumbuhan ekonomi yang hebat tanpa diimbangi dengan pengembangan kewirausahaan hanya akan sebatas mimpi. Maka kewirausahaan menjadi potensi untuk meningkatkan kesejahteraan suatu bangsa,” kata Algafry.

Disebutnya, program kewirausahaan juga menjadi modal dalam penciptaan lapangan kerja seluas-luasnya, menyerap lebih banyak lapangan kerja baik secara lokal maupun nasional.

“Oleh karena itu pemberdayaan para pelaku UMKM bukanlah semata-mata menunaikan kewajiban konstitusional melainkan juga untuk mengatasi lemahnya kondisi ekonomi sebagian rakyat Indonesia,” tambah Algafry.

Lebih lanjut Algafry mengatakan bahwa Pemerintah saat ini sedang berupaya membantu para pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya terlebih di masa pandemi Covid-19 melalui program penyaluran program BPUM (Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro).

”Pemerintah menyadari bahwa para wirausaha memerlukan bimbingan, dorongan dan stimulan melalui APBN dan APBD yang harus dimanfaatkan secara transparan dan bertanggungjawab. Namun hendaknya wirausaha harus mampu menunjukkan kemandirian dan keunggulannya dalam mengembangkan usaha yang dikelola, serta menangkap dan memanfaatkan peluang dan sumber daya yang ada,” terang Algafry.

Acara diawali dengan paparan materi dari Plt. Kepala Disperindagkop-UKM, Elly Irsyah, SH., MH., dengan tema Kebijakan Pembangunan Koperasi dan UMKM Kabupaten Bangka Tengah. Dilanjutkan dengan narasumber dari pelaku usaha Madu Bogor, Eureka Indra Zatnika, dengan judul materi Teknik Budidaya Lebah Madu dan Penanganan Hama Penyakit pada Lebah Madu.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari (02-04 Juni 2021) dengan sumber pendanaan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia Tahun 2021, dengan peserta 25 orang perwakilan pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) se-Bangka Tengah. (YHP/APJ/Foto:YHP)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah