Home Berita Terkini Buka Pelatihan Petani Milenial, Algafry: Menuju Petani yang Semakin Unggul, Profesional dan Berdaya Saing

Buka Pelatihan Petani Milenial, Algafry: Menuju Petani yang Semakin Unggul, Profesional dan Berdaya Saing

1,229
0
SHARE
Buka Pelatihan Petani Milenial, Algafry: Menuju Petani yang Semakin Unggul, Profesional dan Berdaya Saing

Sungaiselan - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah menggelar Pelatihan Petani Milenial di Kelompok Tani (Poktan) Pemuda Pacer Desa Keretak Atas Kecamatan Sungaiselan, Senin (01/11/2021). Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T.

Dalam kesempatan ini Bupati Bangka Tengah mengapresiasi kegiatan pelatihan ini dan diharapkan dapat mendorong Petani Milenial menjadi Petani yang semakin unggul, profesional dan berdaya saing dalam mengembangkan usahanya.

Menurutnya, keberadaan para petani milenial sangat vital dalam mewujudkan pencapaian ketahanan pangan. Petani milenial sebagai sumber daya manusia unggul dengan karakter mampu beradaptasi, responsif serta kolaboratif sehingga dapat berdaya saing dalam mengembangkan usahanya.

“Para Petani Milenial harus menjalin komunikasi, baik dengan Dinas terkait maupun dengan pembimbing Pertanian terutama Penyuluh Pertanian, sehingga akan diperoleh ilmu pertanian dan perkembangan teknologi dalam bidang pertanian,” ungkap Algafry.

Ia menegaskan jika Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah sangat mendukung kegiatan Pelatihan Pertanian Milenial karena saat ini sektor pertanian menjadi idola dan mendominasi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Menutup sambutan sekaligus membuka Pelatihan Petani Milenial Tahun 2021 Bupati Bangka Tengah mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah yang telah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan ini.

Ia berpesan kepada  para peserta untuk dapat mengikuti dengan sebaik-baiknya.

“Semoga Pelatihan ini dapat memberikan peningkatan kapasitas bagi para Petani Milenial serta mampu meningkatkan Ketahanan Pangan di Kabupaten Bangka Tengah,” tutupnya. 

Dalam kesempatan yang sama Suhimin selaku Camat Sungaiselan mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan Pelatihan Petani Milenial ini diharapkan akan melahirkan petani yang semakin unggul, berdaya saing, dan mandiri.

Menurutnya, Petani Milenial harus memiliki semangat kemandirian pertanian yang berkelanjutan serta memiliki daya saing untuk mengembangkan pertanian di Kecamatan Sungaiselan.

“Kami masyarakat Kecamatan Sungaiselan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Bangka Tengah yang telah memberikan perhatian dan semangat terhadap para petani khususnya Petani Milenial yang ada di Kecamatan Sungaiselan,” ungkap Suhimin.

Hal serupa dikatakan Juliah, S.TP selaku Kabid SDM, Kelembagaan dan Penyuluhan Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah. Ia mengatakan bahwa Pelatihan Petani Milenial tahun 2021 merupakan program peningkatan kapasitas SDM Petani pada Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah yang diprioritaskan kepada para Petani Milenial.

“Petani Milenial merupakan petani yang familiar dengan teknologi pertanian dan berusia 17-40 tahun,” jelasnya.

Ia menuturkan kegiatan Pelatihan Petani Milenial ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari mulai tanggal 01 sd 02  November 2021. Para peserta pelatihan  berjumlah 20 orang dari 2 Kecamatan yakni Sungaiselan dan Simpang Katis. Narasumber berasal dari Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah dan akan diisi tentang materi kebijakan umum daerah dan teknis komoditi.

“Hari pertama dilaksanakan full materi dan pada hari kedua diagendakan materi praktek lapangan,” jelas Juliah.

Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah beserta jajarannya, Camat Sungaiselan, Kepala Desa Keretak Atas, Penyuluh Pertanian Kecamatan Sungaiselan dan Simpang Katis, para peserta pelatihan. (YHP/WEE/Foto:YHP)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah