Home Wisata Bukit Mangkol

Bukit Mangkol

1,319
0
SHARE
Bukit Mangkol

Wisata di Kabupaten Bangka Tengah ini tepatnya berada di Desa Terak, Kecamatan Simpang Katis ini lokasinya berdekatan dengan Kota Pangkal Pinang, Ibu Kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yakni berjarak sekitar 10km dari Bandara Depati Amir dengan jarak tempuh kurang lebih 30 menit untuk sampai di Desa Terak.

Desa Terak memiliki destinasi wisata di Kawasan Tahura Bukit Mangkol, yang juga menjadi idola masyarakat tidak hanya masyarakat Kabupaten Bangka Tengah melainkan juga Kabupaten/Kota yang ada di Bangka Belitung juga.

Sepanjang perjalanan menuju destinasi wisata Tahura Bukit Mangkol terdapat hutan, perkebunan penduduk setempat, dan jembatan peninggalan belanda dulu. Dan setelah itu anda akan disambut dengan gapura Tahura Bukit Mangkol menandakan sahabat wisata telah sampai di destinasi wisata Tahura bukit mangkol. Jika Sahabat wisata ingin mencapai puncak spot puncak harus mendaki sekitar 10-15 menit, di sebelah kiri jalan terdapat juga 2 penampungan air, dan 1 unit IPA ( Instalasi Pengelolahan Air) dan pipa air yang menuju ke Bukit Baru Pangkalpinang, tempat kediaman Residen dan pegawainya pada waktu itu. Dan sepanjang perjalanan sahabat wisata akan disugukan aliran air yg mengalir sampai kebawah, dan suasananya yang dingin, sejuk dan asri. Sesampainya dipuncak terdapat air terjun dan 2 kolam, yang di khususkan buat anak-anak dan dewasa, terdapat juga beberapa gazebo dan toilet umum. Di Tahura Bukit Mangkol ini juga bisa dijadikan tempat camping bagi para pecinta alam.