Home Berita Terkini Bupati Bangka Tengah Hadiri Pembukaan Seminar Badan Usaha Milik Desa se-Kecamatan Simpang Katis

Bupati Bangka Tengah Hadiri Pembukaan Seminar Badan Usaha Milik Desa se-Kecamatan Simpang Katis

918
0
SHARE
Bupati Bangka Tengah Hadiri Pembukaan Seminar Badan Usaha Milik Desa se-Kecamatan Simpang Katis

Pangkalan Baru - Guna memberikan penguatan kelembagaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), Kecamatan Simpang Katis menggelar seminar yang dilaksanakan di Osella Hotel, Pangkalan Baru, Selasa (24/08/2021).

Bupati Bangka Tengah dalam sambutannya mengatakan bahwa Seminar BUMDES ini bertujuan untuk penguatan kelembagaan BUMDES Kecamatan Simpang Katis Kabupaten Bangka Tengah.

“Melalui momentum kegiatan penguatan kelembagaan BUMDES ini diharapkan dapat membuka wawasan para pengurus BUMDES, khususnya di Kecamatan Simpang Katis, untuk dapat lebih berinovasi, bergerak aktif dan lebih maju agar mampu bersaing dengan penggiat ekonomi yang ada di masing-masing desa,” kata Algafry.

Algafry juga mengharapkan agar BUMDES yang ada di Kecamatan Simpang Katis dapat tumbuh dan berkembang sehingga dapat menjadi BUMDES percontohan bagi BUMDES lain yang ada di Kabupaten Bangka Tengah, bahkan mampu menjadi percontohan di tingkat nasional.

“Besar harapan kita agar BUMDES yang ada di Kecamatan Simpang Katis ini dapat memanfaatkan potensi desa yang ada, memaksimalkan pemahaman dalam pengelolaan manajemen BUMDES dengan baik dan benar berdasarkan aturan yang berlaku sehingga menjadi penopang desa yang mandiri. Dengan demikian apa yang menjadi visi Kabupaten Bangka Tengah yang Semakin Unggul dapat terimplementasi dengan baik,” harap Algafry.

Acara selanjutnya dilakukan Penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kecamatan Simpang Katis dengan Pusat Riset, Inovasi dan Kewirausahaan Pertiba (Priok Pertiba) Pangkalpinang tentang Kajian Akademis Pengembangan BUMDES yang disaksikan oleh Bupati Bangka Tengah.

Ditemui setelah acara, Camat Simpang Katis, Roy Haris, S.STP., M.Si mengatakan tujuan akhir diadakannya acara Seminar BUMDES ini untuk mencari solusi dari permasalahan-permasalahan yang ada serta untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Hal ini disebutnya senada dengan harapan Bupati Bangka Tengah agar BUMDES Simpang Katis ini dapat menjadi percontohan bagi BUMDES lainnya.

“BUMDES Simpang Katis siap untuk menjadi pilot project percontohan, salah satunya BUMDES yang ada di Desa Terak yang bergerak di bidang usaha air minum. Mudah-mudahan dengan keseriusan dari Pak Kades Terak, BUMDES Desa Terak akan menjadi percontohan bagi desa lainnya serta kecamatan lainnya di Bangka Tengah,“ harap Roy.

Seminar BUMDES ini menghadirkan Prof. Fernandes Simangunsong S. STP., S.AP., M.Si sebagai narasumber dari Guru Besar Ilmu Pemerintahan, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kementerian Dalam Negeri, dengan materi berjudul Revitalisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) sebagai Prioritas Penggunaan Dana Desa Pasca Lahirnya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Seminar ini diikuti oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kabag Tata Pemerintahan, Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bapelitbangda, Kepala Desa se-Kecamatan Simpang Katis, Direktur Bumdes dan Ketua Bumdes se-Kecamatan Simpang Katis, perwakilan Pertiba Pangkalpinang, serta tamu undangan lainnya. *(YHP-MRT/APJ/Foto:YHP)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah