Home Berita Terkini Bupati Bangka Tengah Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Ash-Shohabah Yayasan Sahabat Qur'an Koba

Bupati Bangka Tengah Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Ash-Shohabah Yayasan Sahabat Qur'an Koba

97
0
SHARE
Bupati Bangka Tengah Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Ash-Shohabah Yayasan Sahabat Qur\

Koba - Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, ST., melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Ash-Shohabah yang berada di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Sahabat Qur'an di Jalan  Merdeka Bypass, Kelurahan Padang Mulia Koba, Senin (08/03/2021).

Dalam kesempatan tersebut pimpinan SDIT Sahabat Qur'an Koba, Ustadz Ahmad Romli, Lc., menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua tamu undangan yang sudah menghadiri acara peletakan batu pertama tersebut.

“Terima kasih kepada semua undangan yang hadir pada peletakan batu pertama masjid yang kami namai Masjid Ash-Shohabah di SDIT Sahabat Qur'an yang saat ini menaungi TKIT, SDIT, Tahfids Sore dan Ma’had ‘Aly. Kami ingin masjid ini menjadi aset umat di mana semua pihak telah bersama-sama bergotong-royong membangunnya. Masjid yang akan kami bangun ini berukuran 30 x 40 meter, dengan tingkat 2, agar bisa digunakan halaqoh tahfids Al-Qur'an lebih leluasa,” ujar Romli.

“Alhamdulillah, Bupati Bangka Tengah sekeluarga sudah menyalurkan dananya untuk pembangunan Masjid Ash-Shohabah. Ini merupakan contoh yang baik semoga bisa memotivasi yang lain. Sampai saat ini sudah ada 450 orang yang tercatat siap untuk berinfak dan dana sudah terkumpul 300 Juta Rupiah. Terima kasih,” tambahnya.

Sementara itu Algafry berharap dengan adanya simbolis peletakan batu pertama ini panitia diberikan kemudahan untuk membangun masjid dan bisa selesai sesuai yang diharapkan.

“Kami selaku Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah tentunya sangat mendukung Yayasan Sahabat Qur'an ini dengan TKIT, SDIT dan perencanaan boarding (asrama-red) SMPIT dan SMAIT-nya. Kami akan membantu semampunya. Atas nama Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah kami juga berharap semuanya lancar. Sejak awal saya sudah bermimpi ingin sekolah ini menjadi besar,” ungkap Algafry.

Algafry juga menyampaikan harapan agar  Yayasan Sahabat Qur’an bisa menghasilkan generasi muda berkualitas di masa mendatang. Berkualitas yang dimaksudkan yakni mau, mampu, dan hafal Al-Qur’an, juga terdidik dari segi ilmu pengetahuan dan keterampilan.  

“Harapan saya, mari bantu Bangka Tengah menghasilkan peserta-peserta yang berkualitas, tampil atas nama Bangka Tengah untuk menjadi juara tingkat provinsi ataupun juara umum, sampai di tingkat nasional,” harapnya.

Senada dengan hal tersebut, Ir. H. Toni H.A Batu Bara, S.E., MT., Staff Ahli Bisang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia yang hadir mewakili Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengungkapkan apresiasinya kepada panitia pembangunan Masjid Ash-Shohobah ini. Dalam kesempatan tersebut disampaikan informasi bahwa Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di masa kepemimpinan Dr. H. Erzaldi Rosman Djohan, SE., MM., pada tahun 2018 yang lalu telah memberikan dana hibah sebesar 500 Juta Rupiah dan pada tahun 2020 ini dianggarkan lagi sebesar 500 Juta Rupiah.

“Maka, untuk pembangunan masjid ini silakan panitia segera membuat proposal kepada gubernur paling lambat bulan Mei 2021. Saya berharap pembangunan masjid ini merupakan tonggak awal menuju masyarakat madani yang dapat memicu semangat dalam menjalankan perintah Allah terutama ibadah sholat 5 waktu," pungkas Toni.

Turut hadir dalam acara ini Staf Ahli Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Biro Kesra Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ketua MUI Bangka Tengah, Kapolres Bangka Tengah, Ketua PKK Kabupaten Bangka Tengah, perwakilan Kecamatan Koba, Lurah Koba, Kepala KUA Koba, dan tokoh masyarakat setempat.

SDIT Sahabat Qur’an didirikan pada tahun 2017 dan saat ini peserta didik berjumlah 74 orang di tingkat TKIT, 230 orang di SDIT, 43 orang di Tahfidz Sore dan 5 orang di Ma’had ‘Aly (seusia SMA). Masjid yang diperkirakan membutuhkan dana sekitar 2 Milyar Rupiah ini direncanakan sebagai pusat kegiatan semua tingkatan pendidikan tersebut, ditambah untuk memfasilitasi asrama putri SMPIT dan SMAIT yang sebentar lagi akan dibangun.* (UMM/APJ/Foto:NZR)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah