Home Daerah Bupati Bangka Tengah Maknai Hari Santri di Peringatan Hari Santri Nasional 2022

Bupati Bangka Tengah Maknai Hari Santri di Peringatan Hari Santri Nasional 2022

541
0
SHARE
Bupati Bangka Tengah Maknai Hari Santri di Peringatan Hari Santri Nasional 2022

KOBA - Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, menjadi pembina upacara peringatan Hari Santri Nasional 2022 dengan tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan, di Pondok Pesantren Al-Muhajirin Koba, Sabtu (22/10/2022).

Bertepatan dengan peringatan 70 tahun revolusi jihad, pemerintah memberikan pengakuan peran penting perjuangan para ulama dengan menjadikan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Apresiasi ini disampaikan di Masjid Istiqlal yang dituangkan dalam Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tertanggal 15 Oktober 2015. Sebelum melaksanakan upacara bendera, dilakukan Apel Nasional secara daring.

Dalam amanatnya, Algafry Rahman membacakan amanat Ketua Umum PBNU yang mengatakan Penetapan Hari Santri, menjadi momentum untuk mengenang dan menghormati jasa perjuangan para pahlawan, seperti K.H. Muhammad Hasyim Asy'ari, K.H. Ahmad Dahlan, H.O.S Cokroaminoto, Tengku Fakinah, serta Maria Josephine Walanda Maramis, yang turut berjuang sejak zaman prarevolusi kemerdekaan.

Menurutnya, Hari Santri adalah peringatan jasa dan keteladanan para pahlawan secara umum, yakni sebagai momentum mengenang kepahlawanan segenap bangsa Indonesia, bukan hanya satu kelompok tertentu saja. Hari Santri harus benar-benar di pahami dan hayati.

"Tugas generasi saat ini mesti tidak turut serta berjuang bertaruh nyawa untuk negara dan bangsa Indonesia, namun bisa mensyukuri kemerdekaan dan mengenang jasa para pahlawan dengan membulatkan tekad untuk meneladani perjuangan mereka sesuai momentum yang dihadapi," pesannya dihadapan para Guru dan murid Ponpes Al-Muhajirin.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Redoh soniman

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Redoh Soniman