Home Berita Terkini Bupati Bangka Tengah Membuka MTQ ke-28 Kecamatan Namang Tahun 2020

Bupati Bangka Tengah Membuka MTQ ke-28 Kecamatan Namang Tahun 2020

72
0
SHARE
Bupati Bangka Tengah Membuka MTQ ke-28 Kecamatan Namang Tahun 2020

Namang – Bertempat di Masjid Al-Hidayah Desa Cambai, Kecamatan Namang, Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM berkesempatan membuka acara Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-28 untuk wilayah Kecamatan Namang, Rabu (12/02/2020). Turut hadir dalam acara itu Camat Namang, Ema Febriyarti, S.STP, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Batianus, SE., Kades Cambai Selatan, Muharram, Pelaksana Tugas (Plt.) Kades Cambai sekaligus Ketua Pelaksana, Darmansyah, SE.

Dalam laporannya, Darmansyah memaparkan bahwa maksud dan tujuan diadakannya MTQ ini yakni sebagai wahana mempererat tali persaudaraan sesama muslim dan meningkatkan pemahaman terhadap Al-Qur’an.

“Diharapkan bisa menjadi salah satu sarana yang efektif untuk mewujudkan pemahaman Al-Qur’an yang baik ke dalam kehidupan seharii-hari,” ujarnya.  

Ibnu Saleh sesaat sebelum membuka acara menuturkan agar para peserta mengikuti dengan sungguh-sungguh sehingga mendapat hasil yang optimal karena target utamanya bukan hanya menang lomba melainkan bagaimana menerapkan nilai-nilai Al-Qur’an ini dalam kehidupan.

“Cari guru yang berskala nasional/internasional, agar ilmu semakin meningkat. Tidak hanya terbatas Provinsi Bangka Belitung saja. Saya harapkan generasi penerus kita bisa ke kancah internasional,” harapnya.

Bupati Bangka Tengah tersebut juga mengapresiasi perjuangan para guru (ustadz) dan orang tua yang terus mengarahkan anak-anaknya dalam mencintai Al-Qur’an.

“Terimakasih kepada para ustadz/ustadzah yang telah memberikan ilmu agama kepada anak-anak se Kecamatan Namang ini. Kepada orang tua, tolong terus dukung anak-anak kita agar menjadi pemimpin yang lebih hebat, yang bisa menjadi pengganti kita di masa depan," pesan Ibnu.

Sementaraini, tercatat sekitar 104 peserta MTQ yang terdiri atas 9 cabang kompetisi yakni; Cabang Tartil Al-Qur’an 10 orang, Cabang Tilawah Al-Qur’an 21 orang, Cabang Qira’at Sab’ah Al-Qur’an 8 orang, Cabang Tahfiz Al-Qur’an 12 orang, Cabang Fahmil Al-Qur’an 9 regu, Cabang Syahril Al-Qur’an 7 regu, Cabang Kaligrafi 41 orang, dan Cabang Karya Tulis Ilmiah 3 orang. Sedangkan peserta lomba cabang ke-9 yakni Cabang Tafsir Al-Qur’an sementara belum tercatat.

Acara berlangsung khidmat dengan dibacakannya Kalam Ilahi oleh Lidia, S.Pd, guru SDN 2 Namang dan dilaksanakannya pengukuhan Dewan Hakim (Juri) berjumlah 25 orang. Dewan Hakim ini terdiri atas ustadz/ustadzah dan tokoh agama se-Kecamatan Namang yang diantaranya merupakan anggota LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an) Bangka Tengah. Hadirin terdiri atas para perangkat desa dan perangkat kecamatan, para Ketua BPD se-Namang, tokoh masyarakat, tokoh agama, juga Babin dan Babinsa se-Kecamatan Namang.

Penyelenggaraan rutin MTQ ini merupakan implementasi APBD dari DPA Kecamatan Namang dengan dasar pelaksanaan Buku Pedoman Musabaqoh Al-Qur’an 2020 dan surat LPTQ Tingkat Nasional Nomor ST/02/IX/2019 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan MTQ Nasional XXVIII Tahun 2020.* (APJ/WEE/Foto:MRT/WKN)