Home Berita Terkini Bupati Bangka Tengah Resmi Buka Workshop Fotografi untuk Bangkitkan Ekonomi Kreatif

Bupati Bangka Tengah Resmi Buka Workshop Fotografi untuk Bangkitkan Ekonomi Kreatif

187
0
SHARE
Bupati Bangka Tengah Resmi Buka Workshop Fotografi untuk Bangkitkan Ekonomi Kreatif

Pangkalanbaru - Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) Kabupaten Bangka Tengah menggelar Workshop Fotografi dengan tema Proses Kreasi, Produksi, Distribusi, Konsumsi dan Konservasi Ekonomi Kreatif Kabupaten Bangka Tengah di Osela Hotel, Pangkalan Baru, Selasa (27/07/2021).

Kepala Dinbudparpora Kabupaten Bangka Tengah, Zainal, S.Pd, M.Si menyampaikan, kegiatan ini mendatangkan narasumber yang ahli di bidangnya untuk mendukung peningkatan kapasitas fotografi masing-masing peserta.

“Dengan adanya narasumber pada acara workshop tersebut saya harap dapat menularkan ilmu kepada para peserta dan ke depannya akan muncul semakin banyak fotografer handal yang peduli dan juga memiliki semangat kreatif,” kata Zainal.

Zainal juga menyebutkan bahwa acara ini dilaksanakan selama 3 hari dengan narasumber yaitu Yudi Noviandi, S.T., Adika dan Zulfan, S.E. Acara ini bertujuan untuk mempersiapkan fotografer profesional di Bangka Tengah untuk mengikuti sertifikasi kompetensi fotografi level 3 (Operator) pada tahun 2022.

Sementara itu membuka cara, Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, S.T., menyampaikan bahwa di Bangka Tengah saat ini pengembangan ekonomi kreatif terus diupayakan oeleh pemerintah daerah dan terdapat 6 sub sektor ekonomi kreatif unggulan yang akan dikembangkan di Bangka Tengah yaitu kuliner, kriya, fotografi, musik, videografi dan desain. Sub sektor fotografi salah satu yang memiliki potensi cukup besar dikarenakan Bangka Tengah memiliki beberapa fotografer profesional beserta studionya.

“Oleh karena itu pemerintah daerah senantiasa mendukung masyarakat Bangka Tengah yang menjadi praktisi fotografi untuk terus dapat berkarya mengembangkan kompetensinya. Salah satu upaya pengembangan ekonomi kreatif tersebut adalah pelatihan/workshop yang dilaksanakan pada hari ini,” ujar Algafry yang juga menyebutkan bahwa untuk kedepannya pemerintah daerah akan selalu bersinergi dengan para pelaku fotografi.

“Di Bangka Tengah, mari kita bangun bersama kabupaten kita dalam hal ekonomi kreatif melalui sub sektor fotografi,” ajaknya.

Dalam kegiatan yang melibatkan 30 peserta dari perwakilan fotografer profesional di wilayah Kabupaten Bangka Tengah ini, Algafry berpesan agar peserta dapat mengikuti kegiatan dengan displin.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini diikuti dengan kesungguhan oleh peserta agar dapat terlatih dengan baik dan menambah ilmu pengetahuan terkait dengan pelatihan fotografi Kabupaten Bangka Tengah. Semoga dapat memberi manfaat yang sebesar–besarnya bagi pembangunan ekonomi kreatif terutama sub sektor fotografi di Kabupaten Bangka Tengah sehingga mampu menciptakan sumber daya manusia yang berkompeten dan dapat memberikan kontribusi yang maksimal terhadap keberhasilan pembangunan di Bangka Tengah. Kita tetap harus optimis bahwa ekonomi kreatif akan tetap bisa bertahan dan berjaya di masa pandemi Covid–19 ini,” tutup Bupati Bangka Tengah.*

(UMM/APJ/Foto:YHP/NZR)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah