Home Berita Instansi dan Kementerian Bupati Bangka Tengah Siap Tingkatkan Produktivitas dan Optimalisasi Anggaran Daerah

Bupati Bangka Tengah Siap Tingkatkan Produktivitas dan Optimalisasi Anggaran Daerah

265
0
SHARE
Bupati Bangka Tengah Siap Tingkatkan Produktivitas dan Optimalisasi Anggaran Daerah

PANGKALPINANG – Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, didampingi Kepala BPKAD Bateng, Cherlini, menghadiri rapat Kick Off Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran di Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dilaksanakan di Ruang Rapat Pasir Padi Kantor Gubernur, Kamis (24/08/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Badan Pengawasan dan Pembangunan (BPKP) Babel ini dibuka dan diresmikan oleh Inspektur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Susanto yang mewakili Pj Gubernur Babel.

Dihadiri oleh Kepala Daerah/perwakilan Kabupaten/Kota se-Provinsi Babel, Rapat Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran ini membahas tentang optimalisasi penggunaan anggaran dan perbaikan anggaran terhadap 5 fokus prioritas anggaran daerah yang dipaparkan oleh Kepala Perwakilan BPKP Babel, Faeshol Cahyo Nugroho.

"Sesuai arahan Pak Presiden Jokowi, kita disini akan membahas terkait optimalisasi anggaran daerah, kami dari BPKP memiliki peran untuk bersama-sama Pemda untuk mengarahkan semua lembaga agar anggaran dapat dipergunakan secara tepat sasaran," ujar Faeshol.

Ia mengatakan dalam rapat evaluasi ini bertujuan untuk menyamakan persepsi penggunaan anggaran yang efektif di wilayah Provinsi Babel.

"Kalau kita lihat, akuntabilitas penggunaan anggaran Pemda di Babel ini sudah cukup baik, namun kita akan meningkatkan lagi kualitas penggunaan untuk anggaran prioritas," katanya.

Dalam paparannya, Faeshol menjabarkan ada 5 fokus perbaikan anggaran yang akan dijadikan prioritas yaitu pengentasan kemiskinan, penanganan stunting, ketahanan pangan, pemberdayaan UMKM, dan pariwisata.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman menyatakan bahwa Kabupaten Bangka Tengah akan menyelaraskan arahan dari BPKP terkait optimalisasi anggaran pada kegiatan pembangunan yang dilaksanakan di Bateng.

"Kita di Bangka Tengah ini pada prinsipnya selalu mendukung dan akan menyesuaikan program ataupun instruksi pemerintah pusat terkait pembangunan terhadap masyarakat," ujarnya.

Algafry mengatakan akan mengambil langkah terkait fokus perbaikan anggaran yang akan dijadikan prioritas.

"Ya, tadi ada 5 prioritas yang disampaikan Kepala BPKP, Bangka Tengah akan membuat kerangka logis seperti membuat program dan kegiatan yang mendukung sasaran strategis di semua OPD sehingga penggunaan anggarannya produktif dan tepat sasaran," ungkap Bupati.

Ia berharap dengan menerapkan hal tersebut, maka penggunaan anggaran program dan kegiatan pemerintah dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Yudi Rispandy

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Yudi Rispandy