Home Berita Terkini Bupati Bateng Ingin Ciptakan Petugas Penatausahaan dan Pembendaharaan Keuangan Daerah yang Profesional

Bupati Bateng Ingin Ciptakan Petugas Penatausahaan dan Pembendaharaan Keuangan Daerah yang Profesional

615
0
SHARE
Bupati Bateng Ingin Ciptakan Petugas Penatausahaan dan Pembendaharaan Keuangan Daerah yang Profesional

Pangkalan Baru - Para Bendahara Pengeluaran dan Pembantu Bendahara seluruh OPD di Kabupaten Bangka Tengah mengikuti Bimbingan Teknis Penatausahaan Pengelolaan Keuangan Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah mengusung tema “Dengan Tertib Pengelolaan Keuangan Daerah Kita Wujudkan Kabupaten Bangka Tengah Semakin Unggul”, bertempat di Hotel Novotel Bangka, Selasa (23/11/2021).

Bimtek ini diselenggarakan oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bangka Tengah selama 3 (tiga) hari dari tanggal 23 - 25 November 2021 dengan menghadirkan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T., dalam arahannya menyampaikan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah untuk meningkatkan dan memperbaharui wawasan serta keterampilan para Bendahara Pengeluaran dan Pembantu Bendahara adalah dengan menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pelatihan.

"Saya harap melalui kegiatan Bimtek ini, wawasan dan keterampilan para Bendahara Pengeluaran dan Pembantu Bendahara semakin meningkat dalam hal pengelolaan dan penatausahaan keuangan daerah. Dengan demikian akan membentuk profil petugas penatausahaan dan pembendaharaan keuangan daerah yang profesional," ucapnya sambil berharap agar para peserta Bimtek dapat mengikuti baik hingga selesai dan dengan penuh semangat.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah, Cherlini, ST., M.Si., dalam sambutannya mengatakan bahwa Penatausahaan Keuangan Daerah dan Pembendaharaan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses Pengelolaan Keuangan Daerah, baik menurut Peraturan Pemerintah No 12 Tahun 2019 maupun berdasarkan Permendagri Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

"Untuk mengelola keuangan daerah secara maksimal diperlukan manajemen yang baik dalam pengelolaan keuangan daerah disertai dengan kompetensi yang baik dari para petugas pengelola keuangan," ucapnya.

Lebih lanjut, Cherlini juga mengatakan jika penatausahaan dan pembendaharaan keuangan yang baik dilakukan oleh tenaga pengelola yang profesional akan berefek positif bagi pelaksanaan program-program pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah sehingga dapat mencapai tujuan menciptakan kesejahteraan rakyat secara lebih maksimal.

"Kondisi demikian menunjukan bahwa posisi pengelola keuangan daerah menjadi sangat strategis dalam proses pengelolaan dan penatausahaan keuangan daerah,"  tutupnya.

 

Diakhir acara dilakukan pemberian hadiah dan bingkisan kepada lima bendahara terbaik dari seluruh OPD yang ada di lingkungan Kabupaten Bangka Tengah. Hadiah dan bingkisan diserahkan langsung oleh Bupati Bangka Tengah.

Hadir dalam acara ini Asisten Administrasi Umum, Sekretaris Badan Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Bangka Tengah, para narasumber dari Kemendagri dan para peserta bimtek.* (MRT/WEE/Foto: MRT)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah