Home Berita Terkini Bupati dan Ketua TP PKK Bangka Tengah Buka Pencanangan POPM Kecacingan Tingkat Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2021

Bupati dan Ketua TP PKK Bangka Tengah Buka Pencanangan POPM Kecacingan Tingkat Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2021

1,147
0
SHARE
Bupati dan Ketua TP PKK Bangka Tengah Buka Pencanangan POPM Kecacingan Tingkat Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2021

Koba - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Kesehatan Bangka Tengah menggelar Pencanangan Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Kecacingan Tingkat Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2021 di SD Negeri 1 Kecamatan Sungai Selan, Senin (13/09/2021), dihadiri Bupati Bangka bersama Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Tengah.

Membuka acara, Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, S.T. dalam sambutannya mengatakan bahwa kecacingan merupakan salah satu masalah kesehatan yang masih banyak ditemukan di masyarakat.

“Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi inspirasi bagi kita khususnya sebagai orang tua untuk menghimbau dan mengajak anak-anak kita berperilaku hidup bersih dan sehat sehingga terhindar dari penyakit cacingan. Karena cacingan dapat mengakibatkan menurunnya kondisi kesehatan, gizi dan kecerdasan serta dapat menurunkan kualitas sumber daya manusia,” jelas Algafry.

Lebih lanjut Algafry mengharapkan adanya koordinasi dan kerja sama lintas program dan lintas sektor baik pemerintah maupun swasta sehingga timbul pemahaman yang sama dalam penanggulangan penyakit cacingan ini, seperti Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pekerjaan Umum.

“Jadi bukan Dinas Kesehatan saja yang berkepentingan masalah kecacingan ini tapi semua OPD yang terkait harus disampaikan,” harap Bupati.

Algafry mengatakan saat ini angka prevalensi kecacingan di Kabupaten Bangka Tengah belum diketahui secara pasti dikarenakan belum adanya survei kecacingan yang dilakukan secara berkala.

“Pemberian obat cacing di Kabupaten Bangka tengah telah dilakukan sejak tahun 2017 melalui program POPM Kecacingan sebanyak 1 kali setahun dengan rata-rata capaian minum obat di atas 75% dan sasaran yang diberikan yaitu anak-anak usia 1 – 12 tahun. Penerapan perilaku hidup bersih dan sehat oleh seluruh masyarakat akan berdampak positif pada penurunan prevalensi cacingan. Oleh karena itu upaya promotif-preventif dalam penanggulangan cacingan adalah bagian integral dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS),” tambah Algafry.

Hal senada disampaikan Ketua TP PKK Bangka Tengah, drg. Eva Algafry, yang mengatakan bahwa PKK tingkat kabupaten, kecamatan dan desa ikut mendukung serta menyukseskan program Pencanangan Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Kecacingan Tingkat Kabupaten Bangka Tengah.

”Hari ini dilaksanakan serentak Pencanangan Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Kecacingan Tingkat Kabupaten Bangka Tengah. PKK tingkat kabupaten dan kecamatan serta desa ikut mendukung dan menyukseskan program ini. Kegiatan ini sangat penting karena mencegah gizi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak jangan sampai terserap oleh cacing. Mari kita sama-sama ikut mendukung dan menyukseskan program ini dengan cara minum obat cacing, menjaga kesehatan serta membiasakan perilaku hidup sehat,” jelas Eva.

Eva juga berharap program ini sukses dan mencapai target di atas 95%. Untuk mencapai target tersebut Ia menghimbau untuk bekerja sama dengan pihak sekolah dan dinas terkait serta PKK baik kabupaten, kecamatan maupun desa.

Acara yang digelar dengan protokol kesehatan ini menampilkan simbolis minum obat cacing yang diwakili oleh siswa-siswi SD Negeri 1 Kecamatan Simpang Katis, dilanjutkan peninjauan kelas belajar oleh Bupati Bangka Tengah didamping Ketua TP PKK beserta undangan.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Tengah, Camat Sungai Selan, Kepala Desa Sungai Selan Atas, Kepala Sekolah SD Negeri 1 beserta jajarannya, Babinsa dan Babinkamtibmas Kecamatan Sungai Selan, PKK kecamatan dan desa setempat. *(YHP/APJ/Foto:YHP)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah