Home Berita Terkini Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tengah Ikuti Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021

Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tengah Ikuti Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021

856
0
SHARE
Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tengah Ikuti Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021

Koba - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) mengikuti zoom meeting Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021 di Smart Meeting Room Kantor Bupati Bangka Tengah, Selasa (14/09/2021). Acara yang digelar secara virtual oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia ini diikuti oleh Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, S.T. bersama Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian, S.T.

Pada rakernas kali ini Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama lima tahun berturut-turut atas pelaporan keuangan tahun 2016-2020. Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sekaligus membuka acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Tahun 2021.

Dalam sambutannya, Sri Mulyani menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 memiliki dampak krisis kesehatan yang mengancam keselamatan jiwa seluruh masyarakat, juga berdampak sangat luas pada situasi sosial, perekonomian, kesejahteraan rakyat dan mengancam stabilitas sistem keuangan.

“Pemerintah telah melakukan langkah luar biasa dengan menerbitkan Perpu Nomor 1 Tahun 2020 dan ditetapkan melalui UU Nomor 2 Tahun 2020 yang menjadi landasan yang solid bagi pemerintah dalam menangani dan mengendalikan penularan Covid-19, melindungi keselamatan rakyat serta menjaga dan memulihkan perekonomian,” ucap Sri Mulyani.

Disebut Menkeu, Program Penanganan Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) yang pada tahun 2020 mencakup anggaran sebesar Rp 695,2 triliun, dirancang dengan sangat cepat untuk menghadapi ancaman Covid-19 yang begitu tiba-tiba dan sangat nyata mengancam keselamatan rakyat dan perekonomian Indonesia, sehingga Indonesia telah mampu menangani Covid-19 dan mengantisipasi dampaknya yang luar biasa, antara lain berhasil mencegah penularan Covid-19 pada tingkat yang relatif terjaga rendah dibanding negara-negara kaya dengan tingkat perekonomian dan sumber daya yang lebih tinggi serta dengan sistem kesehatan yang jauh lebih maju.

Sri Mulyani sangat mengapresiasi atas terjaganya kualitas laporan pertanggungjawaban APBN dan APBD yang membuktikan komitmen dan keseriusan seluruh pengelola keuangan negara dan pengelola keuangan daerah serta para Menteri/Pimpinan Lembaga dan para Kepala Daerah dalam menjalankan tata kelola keuangan yang baik meskipun dihadapkan pada pandemi Covid-19.

“Sebagai wujud apresiasi Pemerintah atas capaian terbaik dalam pelaporan keuangan, saya akan menggunakan kesempatan pada pagi hari ini untuk memberikan penghargaan kepada seluruh Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang mendapatkan opini WTP dari BPK. Diharapkan capaian tersebut tidak hanya dipertahankan namun ditingkatkan lagi pada tahun ini dan tahun-tahun mendatang,” harap Sri Mulyani.

Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021 yang mengusung tema Bangkitkan Ekonomi, Pulihkan Negeri, Bersama Hadapi Pandemi, dilanjutkan juga dengan launching buku berjudul Mengawal Akuntabilitas Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) Tahun 2020. Selain itu juga digelar talkshow dengan menghadirkan narasumber yang kompeten dan memiliki pengalaman langsung dalam perumusan dan implementasi kebijakan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional yang berasal dari berbagai unsur, yaitu Kementerian Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan, Kementerian Kesehatan, Pemerintah Daerah dan KSAP.

Dalam kesempatan ini Bupati dan Wakil Bupati didampingi oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bangka Tengah beserta jajarannya. *(YHP/APJ/Foto:YHP)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah