Home Berita Terkini Bupati Resmikan Rumah Potong Hewan Kabupaten Bangka Tengah

Bupati Resmikan Rumah Potong Hewan Kabupaten Bangka Tengah

188
0
SHARE
Bupati Resmikan Rumah Potong Hewan Kabupaten Bangka Tengah

Koba - Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM.,  didampingi perwakilan dari Dinas Pertanian Provinsi Bangka Belitung, meresmikan Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPH-R) di Jalan Tanjung Langka, Kelurahan Padang Mulia, Kecamatan Koba, Rabu (26/08/2020).

Selain peresmian RPH-R juga diadakan serah terima bantuan ternak sapi dan shredder (alat pencacah pelepah sawit) dari bantuan APBD l Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada Bupati Bateng, dilanjutkan penyerahan dari Bupati Bateng kepada  Kelompok Tani Bateng.

Dalam sambutannya, Ibnu Saleh mengatakan RPH-R merupakan unit pelayanan masyarakat dalam penyediaan daging dengan prinsip ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal). RPH-R berfungsi sebagai sarana untuk melaksanakan pemotongan hewan secara benar serta dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan sebelum dan sesudah dipotong untuk mencegah penularan penyakit zoonosis ke manusia.

"Dengan adanya fasilitas yang lengkap dan memadai, diharapkan RPH-R Bangka Tengah dapat menghasilkan daging sapi yang aman untuk masyarakat dan kedepannya semakin banyak kegiatan pemotongan dilakukan di RPH-R ini," harap Ibnu.

Sementara itu Ir. Nurhayati Kepala Bidang PKH Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyerahkan secara simbolis bantuan 20 ekor sapi untuk 2 Kelompok Tani, yakni Kelompok Tani Maju Sejahtera dan Kelompok Tani Mandiri Pangan. Sedangkan 1 unit shredder diserahkan kepada Kelompok Tani Perintis dari Desa Kemingking.

"Semoga bantuan ini bisa bermanfaat dan menjadikan kelompok tani yang ada di Bangka Tengah lebih bersemangat untuk mengelola pertanian dan peternakan,” ujar Nurhayati.

Hadir dalam kesempatan itu Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Bateng, Sunaryo, ST., Camat Koba, Ahmad Muslimin, Lurah Padang Mulia, Junainatul Hasanah, dan para anggota kelompok tani di Bangka Tengah.* (RIS/APJ/Foto:UMM)



































Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah