Home Berita Instansi dan Kementerian Bupati Serahkan Bantuan Sarana Pendukung Pertanian Guna Penuhi Kebutuhan Pangan di Bangka Tengah

Bupati Serahkan Bantuan Sarana Pendukung Pertanian Guna Penuhi Kebutuhan Pangan di Bangka Tengah

161
0
SHARE
Bupati Serahkan Bantuan Sarana Pendukung Pertanian Guna Penuhi Kebutuhan Pangan di Bangka Tengah

KOBA – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Bangka Tengah menggelar kegiatan penyerahan bantuan sarana pendukung pertanian, bertempat Halaman Kantor DPKP Bateng, Kecamatan Koba, Selasa (11/06/2024).

Bantuan tersebut bersumber dari dana APBN Kementerian Pertanian RI Tahun Anggaran 2024 dan APBD II Kabupaten Bangka Tengah Tahun Anggaran 2024.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman menyampaikan kegiatan ini merupakan konsistensi Pemkab Bateng dalam mendukung keberlanjutan produksi sub sektor tanaman pangan dan hortikultura.

“Dukungan anggaran daerah yang kemudian dijadikan dalam bentuk bantuan alat pendukung pertanian ini merupakan bentuk intervensi dan strategi dalam pengendalian inflasi dan kerawanan pangan,” ungkap Algafry.

Ia mengajak para petani agar tetap semangat dalam memenuhi kebutuhan pangan di masyarakat karena pertanian merupakan sektor penggerak perekonomian Bangka Tengah.

“Bantuan sarana pendukung pertanian ini juga merupakan salah satu upaya untuk mengurangi biaya produksi yang dikeluarkan oleh petani sehingga diharapkan para petani bisa meningkatkan produktivitas pertanian,” imbuh Algafry.

Sementara itu, Kepala DPKP Kabupaten Bangka Tengah, Dian Akbarini berharap agar bantuan yang diberikan bisa dimanfaatkan oleh gapoktan/poktan semaksimal mungkin.

Ia menekankan agar bantuan tersebut dimanfaatkan sebagaima mestinya guna untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

“Siapa yang menerima bantuan, berarti dia yang memanfaatkan. Jangan sampai dapat bantuannya dari Bangka Tengah tapi digunakan untuk bertani di luar Bangka Tengah. Kalau seperti itu pasti kami tarik bantuannya, gunakan bantuan dengan bijak, kami melalui Penyuluh Pertanian Lapangan selalu mengawasi,” kata Dian.

Adapun bantuan yang bersumber dari APBN Kementerian Pertanian RI, yakni 2 unit traktor roda dua yang diberikan kepada UPJA Maju Bersama Namang, 1 unit traktor roda empat dan 3 unit traktor roda dua yang diberikan kepada UPJA Belilik Bersatu.

Selanjutnya, untuk bantuan yang bersumber dari APBD Pemkab Bangka Tengah, yakni bantuan pengembangan cabai merah dengan alokasi luasan seluas 2 Ha diberikan kepada 4 Gapoktan/Poktan, bantuan pengembangan bawang merah dengan alokasi luasan seluas 5 Ha diberikan kepada 7 gapoktan/poktan, bantuan kapur pertanian sebanyak 30.000kg, kompos sebanyak 30.000kg, dan mulsa sebanyak 70 gulung.

Kemudian, pembagian bantuan peremajaan kelapa sawit untuk Gapoktan Mandiri Jaya Desa Teru dengan luas 31,7685 ha dengan jumlah bantuan peremajaan 30 juta/ha. Bantuan ini bersumber dari dana Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Dalam kegiatan ini juga dilakukan pembagian doorprize berupa Pupuk MA-11. Turut hadir dalam kegiatan ini, yakni Kepala Bidang PSP DPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Deanty N

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Deanty N