Home Daerah Cabang Fahm AL - Qur'an dan Cabang Syarh Al - Qur'an Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) IX Tingkat Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2020

Cabang Fahm AL - Qur'an dan Cabang Syarh Al - Qur'an Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) IX Tingkat Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2020

58
0
SHARE
Cabang Fahm AL - Qur\

Keterangan Gambar : Cabang Fahm AL - Qur

Cabang Fahm AL - Qur'an dan Cabang Syarh Al - Qur'an yang dilaksanakan di GSG (Gedung Serba Guna) Selawang Segantang salah satu rangkaian kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) IX Tingkat Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2020. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari dimulai pada Rabu (18/03/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan pertama yakni Musabaqah Fahmil Qur’an adalah jenis lomba pemahaman atau pendalaman Al-Qur’an dengan penekanan pada pengungkapan ilmu Al-Qur’an dan pemahaman kandungan ayat dalam bentuk cerdas cermat.Peserta beregu (dua atau tiga orang) yang salah seorang dari regu sebagai juru bicara. Musabaqah dilakukan dengan menampilkan minimal tiga regu, dengan sistem gugur dalam babak penyisihan, semi final, dan final.

Kegiatan yang kedua yakni Musabaqah Syarhil Qur'an. Ada tiga bidang penilaian dalam cabang Syarhil Quran ini, yakni pertama, Bidang Terjemah dan Materi, meliputi Ketepatan Terjemah, Sistematika dan Isi serta Kaidah dan Gaya Bahasa. Kedua, Bidang Penghayatan dan Retorika meliputi Vokal dan Artikulasi, Intonasi dan Aksentuasi, Gaya dan Mimik dan Kesopanan dan Keserasian. Dan ketiga, Bidang Tilawah, meliputi penilaian dalam hal Tajwid, Lagu dan Suara dan Fashahah.

Cabang Syarhil Quran ini terdiri atas Regu Putra dan Putri dan diikuti , yakni 6 regu Putra dan 6 regu Putri terdiri masing - masing pada saat tampil ada 3 peserta. Tujuan dengan adanya syarhil ini adalah Meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalanisi kandungan Al-Qur’an , Melestarikan seni dan budaya Qur’ani bangsa Indonesia.