Home Berita Terkini Cegah Rabies, Dinas Pertanian Bangka Tengah Gelar Vaksinasi Gratis

Cegah Rabies, Dinas Pertanian Bangka Tengah Gelar Vaksinasi Gratis

123
0
SHARE
Cegah Rabies, Dinas Pertanian Bangka Tengah Gelar Vaksinasi Gratis

Koba - Dinas Pertanian (Dipetan) Kabupaten Bangka Tengah mengadakan Vaksinasi Rabies secara gratis di Bundaran Tugu Ikan Koba, Rabu (19/08/2020) pagi.

Kepala Dinas Pertanian, Sajidin, SE, M.Si., mengatakan Vaksinasi Rabies ini dilakukan guna mencegah penyebaran penyakit rabies di Kabupaten Bangka Tengah. Dinas Pertanian menyediakan kuota untuk 250 ekor hewan dengan persyaratan, hewan yang akan divaksin harus dalam kondisi sehat, umur minimal 3 bulan, berat minimal 1 kg dan tidak sedang bunting.

"Kegiatan ini kami lakukan untuk mencegah penularan virus rabies dimana Kabupaten Bangka Tengah sendiri saat ini sudah bebas Rabies," ujarnya.

Sajidin juga mengatakan masyarakat yang membawa anjing dan kucing untuk divaksin, diatur oleh petugas secara bergiliran untuk menghindari kerumunan. Diwajibkan juga memakai masker dan cuci tangan sebelum masuk tempat vaksinasi sebagai penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran pandemi Covid-19.

Antusiasme warga terlihat pada pelaksanaan vaksin rabies ini, warga yang datang pun terlihat dari berbagai kalangan. Dihimbau kepada seluruh masyarakat agar menjaga dan merawat binatang peliharaannya dalam kandang atau pekarangan masing-masing. Hal tersebut dilakukan agar hewan tidak mengganggu warga lainnya dan menghindari kontak dengan anjing liar yang berpotensi menyebarkan rabies.

Pada kegiatan tersebut, pihak Dipertan menerjunkan tim yang terdiri 8 orang Dokter Hewan dan 2 orang selaku Paramedik Veteriner yang ada di Kabupaten Bateng untuk melakukan vaksinasi rabies.* (RIS/WEE/Foto: RIN-QRY)

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah