Home Berita Instansi dan Kementerian CPP Mulai Disalurkan Secara Bertahap ke 6.801 Keluarga Penerima Manfaat di Bangka Tengah

CPP Mulai Disalurkan Secara Bertahap ke 6.801 Keluarga Penerima Manfaat di Bangka Tengah

351
0
SHARE
CPP Mulai Disalurkan Secara Bertahap ke 6.801 Keluarga Penerima Manfaat di Bangka Tengah

KOBA – Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, menghadiri acara Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) terkait Bantuan Pangan Beras Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2024 bertempat di Kantor Pos Indonesia Cabang Bangka Tengah, Kamis (01/02/2024).

Mengawali tahun 2024 ini, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah kembali menyalurkan CPP Tahap I melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Bangka Tengah yang berasal dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) kepada masyarakat di Kabupaten Bangka Tengah.

Bupati Bangka Tengah didampingi Kepala DPKP, Dian Akbarini, untuk kali pertama memberikan 906 karung beras kapasitas 10kg kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Koba.

Dalam sambutannya, Algafry menyampaikan bahwa pangan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi setiap rakyat. Pangan harus tersedia secara cukup, aman, bermutu, bergizi dan beragam dengan harga yang terjangkau oleh daya beli masyarakat.

"Alhamdulillah, saat ini kita telah melaksanakan kegiatan penyaluran cadangan pemerintah yaitu bantuan pangan beras kepada masyarakat Koba," ucapnya penuh rasa syukur.

Menurutnya, beras dibagikan ukuran 10kg dengan total 6.801 karung beras yang akan dibagi ke seluruh wilayah Kabupaten Bangka Tengah dan akan berlanjut selama 6 bulan ke depan.

"Semoga dengan bantuan ini bisa membantu masyarakat Bangka Tengah," harap Bupati Bangka Tengah.

Penyelenggaran pemberian pangan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia yang memberi manfaat secara adil, merata dan berkelanjutan dengan berdasarkan pada kedaulatan pangan, kemandirian pangan dan ketahanan pangan.

Untuk diketahui, cadangan pangan nasional merupakan salah satu komponen penting dalam penyediaan pangan yang terdiri dari cadangan pemerintah, cadangan pangan pemerintah provinsi, cadangan pangan pemerintah kabupaten/kota, cadangan pangan pemerintah desa dan cadangan pangan masyarakat, pengadaan, pengelolaan dan penyaluran cadangan pangan pemerintah sebagai salah satu upaya penting untuk mewujudkan keterjangkauan pangan baik dari aspek fisik maupun ekonomi.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Dody Firmansyah

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Redoh Soniman