Home Daerah Desa Batu Beriga Kembali Terpilih Menjadi Lokasi Bina Desa UBB

Desa Batu Beriga Kembali Terpilih Menjadi Lokasi Bina Desa UBB

844
0
SHARE
Desa Batu Beriga Kembali Terpilih Menjadi Lokasi Bina Desa UBB

LUBUK BESAR - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah hadir di tengah masyarakat Desa Beriga dalam kegiatan pembukaan Pelatihan Pembudidayaan Madu Trigona (Kelulut), Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dan Marketing, yang merupakan rangkaian kegiatan Bina Desa Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (BEM KM UBB) di Desa Batu Beriga, Kecamatan Lubuk Besar, Senin (20/06/2022).

Hadir mewakili Bupati Bangka Tengah, Ahmad Syarifullah Nizam selaku Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan secara resmi membuka kegiatan pelatihan ini.

"Kami dari pemerintah daerah menyambut baik kegiatan ini sebagai bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya dalam pemberdayaan masyarakat. Program Bina Desa Batu Beriga oleh UBB kali ini berupa pelatihan pemberdayaan madu Trigona, juga pemberdayaan di bidang pendidikan, usaha, dan olahraga," ucap Syarifullah Nizam saat ditemui.

Syarifullah Nizam juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pembangunan desa yang diawali dengan tahap perencanaan, sesuai dengan tahapan pembangunan desa, yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengawasan, dan tahap pertanggungjawaban.

"Tentunya kita berharap tujuan akhir dari kegiatan ini dapat meningkatkan Indeks Desa Membangun (IDM) Batu Beriga karena sekarang ini Desa Batu Beriga di posisi kategori Desa Berkembang, semoga nanti bisa menjadi Desa Maju dan Mandiri," ucapnya.

Di tempat yang sama, Gani selaku Kepala Desa Batu Beriga berharap dengan adanya pelatihan ini para pembudidaya madu Kelulut yang dulunya sempat terhenti akan semangat lagi untuk mengembangkannya di Desa Batu Beriga.

"Saya harap madu Kelulut bisa dikembangkan kembali di Desa Batu Beriga ini, yang sebelumnya sudah ada dan sempat terhenti akan kita kembangkan lagi melalui program dari mahasiswa UBB ini. Kita juga akan melibatkan para pemuda, Karang Taruna, Pokdarwis dan elemen masyarakat lainnya untuk mengikuti pelatihan ini," ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Bhabinkamtibmas Desa Batu Beriga, Ketua Karang Taruna, perwakilan Pokdarwis, perwakilan Kepala Sekolah tingkat SD dan SMP di Batu Beriga, dan masyarakat setempat.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Deanty Nursyahfitri

Editor: Asti Pradiajayanti

Fotografer: Redoh Soniman