Home Daerah Desa Namang Peringati Hari Desa Asri Nusantara, Tanam Pohon Disaksikan Wakil Presiden RI

Desa Namang Peringati Hari Desa Asri Nusantara, Tanam Pohon Disaksikan Wakil Presiden RI

362
0
SHARE
Desa Namang Peringati Hari Desa Asri Nusantara, Tanam Pohon Disaksikan Wakil Presiden RI

NAMANG - "Selamat memperingati Hari Desa Asri Nusantara Tahun 2023, semoga Allah SWT senantiasa memberikan hidayahnya kepada negara kita," ujar Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma'ruf Amin dalam sambutannya pada peringatan Hari Desa Asri Nusantara.

Kegiatan yang dilaksanakan secara luring dari Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau ini, diikuti oleh setiap desa perwakilan dari Kabupaten yang ada di seluruh Indonesia, melalui kanal zoom meeting, Senin (20/03/2023).

Dikatakan Wapres, hampir satu dekade desa telah masuk dalam panggung utama pembangunan, karena pembangunan desa juga sebagai pusat pelestarian lingkungan masa depan sebab aneka problematikan vital bermukim di desa, mulai dari pendidikan, penguasaan, ekologi, ekonomi, hingga kerentanan sosial.

"Memperingati Hari Desa Asri Nusantara ini, guna meningkatkan kesadaran ancaman kemanusiaan yang sangat berat akibat iklim," jelas Wapres.

Tak ketinggalan, Kabupaten Bangka Tengah juga turut mengikut kegiatan zoom meeting ini. Lokasi pelaksanaannya berada di Hutan Pelawan, Desa Namang dan dihadiri oleh Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, Perwakilan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia, Drs. Andrey Ikhsan Lubis.

Selain mengikuti kegiatan melalui zoom meeting, Desa Namang juga terpilih sebagai salah satu lokasi dari 9 titik yang terpilih dari seluruh desa se-Indonesia untuk melakukan penanaman pohon secara serentak.

Saat ditemui, Algafry mengatakan sangat bangga dengan terpilihnya Desa Namang untuk dijadikan titik penanaman pohon yang disaksikan langsung oleh Wapres dan Menteri Desa PDTT melalui zoom meeting.

"Kami sangat senang dan bangga bahwa Desa Namang ini menjadi sorotan dalam hal yang positif, lalu terpilih menjadi salah satu dari 9 titik dari seluruh desa yang ada di Indonesia untuk dilakukan penanaman pohon," ujarnya.

Ia juga berharap kedepan bahwa Desa Namang akan menjadi desa percontohan.

"Kedepannya kita bersama stakeholder terlibat untuk pengembangan desa. Hal ini karena Desa Namang merupakan salah satu desa wisata dan semua harus bersinergi untuk mendukung Desa Namang menjadi salah satu ikon desa terbaik yang ada di Bangka Tengah,’’ tuturnya serta menegaskan ini merupakan momentum untuk desa Namang agar lebih dikenal lagi.

Drs. Andrey Ikhsan Lubis yang merupakan perwakilan dari Kementerian Desa PDTT menyampaikan tujuan diperingatinya hari desa asri nusantara dan kegiatan penanaman pohon ini.

"Harapan kita tentunya dengan peringatan dan penanaman pohon ini kedepannya negara kita menjadi negara yang asri dan menjadi negara terbesar penyumbang udara yang bersih bagi dunia. Semoga ini bisa memberikan dampak bagi masyarakat Desa Namang khususnya," harapnya.

 

Zaiwan, selaku Kepala Desa Namang juga menanggapi terpilihnya Desa Namang yang menjadi salah satu titik penanaman dari Kementerian Desa.

"Alhamdulillah hari ini Desa Namang terpilih dari lebih kurang 72.000 desa yang ada di Indonesia menjadi salah satu dari 9 titik yang menjadi prioritas Kementerian Desa untuk penanaman pohon dalam peringatan hari desa asri nusantara ini," ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Camat Namang, Kapolsek Namang, serta tokoh penggiat wisata di Desa Namang.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Yudi Rispandy

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Prayogi Januardi