Home Berita Instansi dan Kementerian Desa Romadhon Sebagai Kampung KB Terpilih Menjadi Percontohan Desa Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana

Desa Romadhon Sebagai Kampung KB Terpilih Menjadi Percontohan Desa Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana

1,077
0
SHARE
Desa Romadhon Sebagai Kampung KB Terpilih Menjadi Percontohan Desa Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana

Sungaiselan - Bertempat di Gedung Serba Guna Desa Romadhon Kecamatan Sungaiselan, drg. Eva Algafry menjadi narasumber pada kegiatan Pengembangan Pengelolaan Kampung KB Percontohan di Kabupaten Bangka Tengah, Jumat (25/03/2022).

Eva Algafry mengatakan, Kampung KB adalah salah satu upaya penguatan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang dikelola dan diselenggarakan dari dan oleh masyarakat dalam memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program sebagai upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas.

"Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau dusun atau yang setara, melalui program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga yang berkualitas," jelas Eva.

Lebih lanjut Eva mengatakan untuk pemilihan desa/kelurahan yang menjadi pilot project, dilakukan secara berjenjang dari tingkat provinsi sampai desa/kelurahan yang disesuaikan dengan kondisi, potensi serta permasalahan yang dihadapi masing-masing daerah berdasarkan identifikasi kriteria pada indikator data awal dan target capaian.

Sementara itu perwakilan BKKBN Provinsi, Firman Darwamawan selaku Sub Koordinator Analisis Dampak Kependudukan mengatakan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan penguatan kerja sama lintas sektor untuk menggerakan Kampung KB. Karena sejatinya Kampung KB ini bukan program BBKBN atau PPKB Kabupaten, melainkan lintas sektor sehingga perlu penguatan. 

"Tadi ada Tim Penggerak PKK Bangka Tengah, jadi semua lintas sektor ingin kita menggerakkan untuk membangun kampung KB. Jangan sampai image Kampung KB ini hanya milik BBKBN dan Dinas KB saja, tapi semua sektor termasuk pemerintah desa," jelas Firman.

Ditempat yang sama dr. Dede Lina Lindayanti selaku Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Bangka Tengah saat ditemui menyampaikan bahwa kegiatan Kampung KB ini sebenarnya agenda rutin DP2KBP3A, selain itu kegiatan ini juga menyosialisasikan bahwa Kampung KB ini bukan cuma KB atau Keluarga Berencana saja, tapi juga mewujudkan desa yang mempedulikan keluarga sehat, sejahtera dan berkualitas. 

"Jadi kami Kampung KB bermitra dengan semua OPD untuk menyampaikan program-program keunggulan yang bisa dimasukkan di Kampung KB. Kali ini kami mengundang Ketua Penggerak PKK Kabupaten Bangka Tengah untuk menyosialisasikannya di Desa Romadhon, Kecamatan Sungaiselan," pungkas Dede.

Hadir dalam kegitan tersebut perangkat Desa Ramadhon dan masyarakat yang mengikuti sosialisasi tersebut.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Ristin
Editor: Asti P.
Fotografer: Hardian