Home Berita Terkini Dinas Pangan Bangka Tengah Gelar Kampanye Gerakan Stop Food Loss and Food Waste

Dinas Pangan Bangka Tengah Gelar Kampanye Gerakan Stop Food Loss and Food Waste

175
0
SHARE
Dinas Pangan Bangka Tengah Gelar Kampanye Gerakan Stop Food Loss and Food Waste

Koba - Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung beserta Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah gelar Kampanye Food Loss and Waste "Stop Boros Pangan" di halaman Kantor Bupati Bangka Tengah, Jumat (27/11/2020). 

Istilah Food Loss and Waste mengacu pada makanan yang dibuang, padahal makanan tersebut masih aman dan bergizi untuk dikonsumsi. Di dunia internasional, Indonesia terdata menjadi negara terbesar kedua yang marak melakukan Food Loss and Waste setelah Arab Saudi. 

Pada acara ini Sekretaris Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Hj. Sulastri, SP., MM., menyampaikan bahwa kampanye Food Loss and Waste bertujuan untuk menyosialisasikan kepada masyarakat tentang cara memanfaatkan makanan seefisien dan sehemat mungkin. Dengan demikian tidak ada bahan makanan yang rusak sehingga mengurangi nilai baik kandungan makanan, maupun pemborosan terhadap makanan matang. 

"Dengan adanya kampanye ini, masyarakat terutama keluarga dapat belajar memanfaatkan makanan sebaik-baiknya. Maka dari itu kami imbau kepada masyarakat untuk belanja secukupnya agar sisa makanan itu tidak dibuang begitu saja, serta makan secukupnya sesuai keperluan," tutup Sulastri.

Edi Romdhoni, SP., MM., selaku Kepala Dinas Pangan Bangka Tengah mengatakan supaya sisa makanan sampah pangan ini bisa kita kurangi karena ditemukan hasil penelitian bahwa di Indonesia terdapat 300 kilogram perorang pertahun yang membuang makanan. 

"Permasalahan dalam penyimpanan dan pengemasan makanan itu dapat menyebabkan timbulnya pembuangan sampah pangan. Hal ini harus dikampanyekan supaya kesalahan ini bisa dikurangi mulai dari diri kita sendiri," jelas Edi. 

Edi juga memaparkan, fokus kegiatan hari ini yang pertama adalah upaya agar masyarakat Indonesia bisa mengurangi jumlah sampah menjadi sekecil - kecilnya, yang kedua dengan menggelar Pasar Tani agar para petani berkesempatan menjual produk lokal langsung tanpa perantara sehingga masyarakat bisa membeli produk lokal tanpa melalui rantai tengkulak. Dengan demikian, Pasar Tani diharapkan dapat menghidupkan kembali perekonomian di tengah masa pandemi Covid - 19.

Kampanye Food Loss and Waste ini diselenggarakan oleh Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerja sama dengan Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah. Kegiatan ini merupakan alokasi anggaran APBN Dinas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Bangka Tengah sebagai lokasi kegiatan yang ditunjuk. Pengadaan Pasar Tani di kesempatan ini merupakan kali perdana pemakaian 'tenda pasar tani' bantuan CSR PT. Timah.  

Dalam kampanye ini turut hadir Staf Ahli Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Sekretaris Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sekretaris Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dengan sasaran seluruh Kepala OPD dan staf Pemkab Bangka Tengah, para anggota TP-PKK Bangka Tengah, juga masyarakat sekitar.* (UMM/APJ/Foto:QRY)





















































Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah