Home Berita Terkini Dinas Pendidikan Gelar OSN Tingkat SD/MI se-Kabupaten Bangka Tengah

Dinas Pendidikan Gelar OSN Tingkat SD/MI se-Kabupaten Bangka Tengah

625
0
SHARE
Dinas Pendidikan Gelar OSN Tingkat SD/MI se-Kabupaten Bangka Tengah

Pangkalpinang – Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) mengadakan Lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) Sekolah Dasar (SD) Tingkat Kabupaten Bangka Tengah di Gedung Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (06/03/2019). Acara ini merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Dindik Kabupaten Bateng secara berkala dengan sasaran kegiatan siswa SD/MI atau sederajat tahun 2019, untuk mengembangkan minat, bakat dan kreativitas siswa di Indonesia.

Kemendikbud berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten di Indonesia untuk melakukan peningkatan mutu pendidikan dengan mengembangkan OSN tingkat SD/MI. Kemendikbud melakukan pembinaan berkelanjutan kepada peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan/bakat istimewa untuk mencapai prestasi puncak di bidang pengetahuan, teknologi, seni/olahraga pada tingkat satuan pendidikan di kabupaten/kota, provinsi, nasional dan internasional. Hal ini dimaksudkan agar mendapatkan bibit generasi unggul dalam bidang sains dan matematika  dari masing-masing daerah di Indonesia.

Secara khusus, perlombaan ini bertujuan menumbuhkan budaya belajar, kreativitas dan prestasi di bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam (IPA) sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadian, spiritual, emosional dan intelektual.

Lomba OSN SD/MI se-Kabupaten Bangka Tengah dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan, Drs. Iskandar dan diikuti oleh 36 siswa SD/MI se-Bateng. Lomba dibagi menjadi dua kategori mata pelajaran (mapel) yakni matematika dan IPA.

“Melalui lomba OSN ini saya harap para siswa generasi penerus bangsa dapat mengembangkan daya nalar, kreativitas dan kemampuan berpikir kritis, sehingga pada saatnya nanti mereka akan tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian kokoh, kompetitif dan mandiri,” ujar Iskandar.

Peserta lomba OSN Tingkat SD/MI merupakan para siswa terpilih di masing-masing sekolah yang ada di Bangka Tengah. Persyaratan khusus yang ditetapkan panitia salah satunya peserta belum pernah menang dalam perlombaan sains di tingkat nasional dan internasional pada tahun sebelumnya. Pemenang nantinya akan diikutsertakan dalam lomba OSN SD/MI tingkat provinsi. Jika peserta lolos juga di tingkat provinsi maka akan diikutsertakan dalam lomba OSN SD/MI tingkat nasional.

Masing-masing peserta didampingi oleh 3 (tiga) orang pendamping terdiri dari 1 (satu) orang penanggung jawab dari Dinas Pendidikan dan 2 (dua) orang guru yang bertindak sebagai pembina dari masing-masing sekolah. Lomba dilaksanakan selama 90 menit dan Hani Yusriah dari SDN 5 Sungaiselan keluar sebagai juara 1 mapel IPA dan Alvin Chandra dari SD Kasih sebagai juara 1 mapel matematika. Selanjutnya para pemenang akan di ikutsertakan kembali pada lomba tingkat provinsi.* (KD/JP/Foto:Dindik)

 

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah