Home Berita Instansi dan Kementerian Dinbudparpora Bangka Tengah Gelar Lomba Wirausaha Muda, Berikut Ini Pemenangnya

Dinbudparpora Bangka Tengah Gelar Lomba Wirausaha Muda, Berikut Ini Pemenangnya

255
0
SHARE
Dinbudparpora Bangka Tengah Gelar Lomba Wirausaha Muda, Berikut Ini Pemenangnya

KOBA – Bertujuan untuk membangun semangat para pemuda di wilayah Kabupaten Bangka Tengah dalam hal kreativitas dan kompetensi dalam berwirausaha, maka Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Tengah menggelar Lomba Wirausaha Muda Pemula yang dimulai pendaftarannya sejak 22 Mei hingga 7 Juni 2024 lalu. Para peserta diwajibkan presentasi pada babak akhir penilaian, Selasa (11/06/2024), di Gedung Diklat BKPSDMD Kabupaten Bangka Tengah dan langsung diumumkan pemenangnya.

Hadir pada babak final ini M. Anas Ma’ruf selaku Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik, dan Hukum Kabupaten Bangka Tengah, mewakili Bupati. Dalam sambutannya, Anas mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan sumber daya manusia, termasuk pemuda. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan kapasitas pemuda dengan mewujudkan sinergi antara pemerintah, organisasi pemuda, serta pihak-pihak terkait.

“Lomba wirausaha muda pemula ini merupakan bentuk komitmen kita bersama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya para pemuda, dengan harapan dapat meningkatkan minat pemuda dalam berwirausaha dan mengasah kreativitas dalam berbisnis di Kabupaten Bangka Tengah,” ujarnya.

Sementara itu Kabid Kepemudaan dan Olahraga Dinbudparpora, Indra Gunawan, mengatakan bahwa salah satu latar belakang diadakannya lomba ini adalah kurangnya lapangan pekerjaan di masyarakat sehingga pemuda diharapkan bisa kreatif menciptakan usahanya sendiri. Adapun biaya lomba berasal dari APBD Kabupaten Bangka Tengah sejumlah Rp40.000.000,00

“Permasalahan inilah yang menyebabkan banyaknya pengangguran, yakni tidak seimbangnya antara lapangan pekerjaan dengan tenaga kerja. Anak muda saat ini seharusnya bisa mengubah pola pikir menjadi lebih maju dan berkembang untuk meningkatkan minat menjadi wirausaha muda dan bukan hanya menjadi seorang pekerja kantoran. Harapannya kedepan, para pemuda ini bisa memajukan perekonomian dan meningkatkan potensi daerah,” terangnya.

Peserta lomba sejumlah 16 orang ini adalah para pemuda yang berusia 16 hingga 30 tahun, memiliki usaha minimal 1 tahun, dan berasal dari 6 kecamatan di Kabupaten Bangka Tengah. Penilaian tahap akhir ini mengharuskan peserta untuk presentasi proposal usahanya, dilanjutkan dengan tanya jawab.

Dalam perlombaan ini para pemenang mendapatkan trofi, piagam, serta uang pembinaan. Para pemenang tersebut yakni;

Juara III diraih oleh Risma Firanda dari Desa Kurau dengan nama usaha 3R Collection, uang pembinaan Rp1.000.000,00

Juara II diraih oleh Amry Bernady dari Koba dengan nama usaha Jogja Es Teh, uang pembinaan Rp2.000.000,00

Juara I diraih oleh Satria Saputra Wijaya dari Desa Keretak dengan nama usaha Arang Wijaya, uang pembinaan Rp3.000.000,00.

Turut hadir pada kegiatan ini Kabid Kepemudaan dan Kepramukaan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, perwakilan Disperindagkop-UMKM Kabupaten Bangka Tengah, dan perwakilan dari Rumah BUMN Koba.* Sumber: Dinbudparpora Bangka Tengah

Penulis: Asti Pradiajayanti

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Dinbudparpora Bangka Tengah