Home Berita Instansi dan Kementerian Dinkes Bangka Tengah Gelar Evaluasi Deteksi Dini, Preventif, dan Respon Penyakit

Dinkes Bangka Tengah Gelar Evaluasi Deteksi Dini, Preventif, dan Respon Penyakit

115
0
SHARE
Dinkes Bangka Tengah Gelar Evaluasi Deteksi Dini, Preventif, dan Respon Penyakit

PANGKALANBARU – Rapat koordinasi dan evaluasi yang digelar oleh Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka Tengah melibatkan 74 peserta yang berasal dari berbagai sektor, termasuk Puskesmas, Camat, dan OPD terkait.

Acara yang dilangsungkan selama 2 hari di Ballroom Soll Marina Hotel, 28-29 Mei 2024, dibuka langsung oleh Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, Selasa (28/05/2024).

Pada pembukaan ini, Algafry mengatakan bahwa rapat koordinasi dan evaluasi ini sangat penting untuk menentukan langkah teknis dan operasional Dinkes dalam mencapai target programnya.   

“Sudah jelas bahwa perencanaan yang telah kita susun di awal tahun baik anggaran maupun kegiatan memerlukan evaluasi guna mendukung capaian kinerja yang diharapkan agar bisa sesuai dengan target indikator kegiatan,” jelasnya.

Diterangkan Algafry, terdapat beberapa akselerasi program P2P yang berhubungan dengan kebijakan yang akan dilaksanakan, di antaranya mengembangkan upaya deteksi dini, pencegahan, dan respon penyakit, mengutamakan pendekatan pengendalian faktor risiko, serta menyediakan dan meningkatkan kualitas data dan informasi pendukung pencegahan dan pengendalian penyakit.

“Selain itu juga perlu meningkatkan pengelolaan kedaruratan, peningkatan peran swasta dan masyarakat, meningkatkan akuntabilitas pelaksanaan program pencegahan dan pengendalian penyakit, juga meningkatkan dukungan sumber daya pendanaan baik APBD dan APBN,” lanjutnya.

Sementara itu Kabid P2P, Zaitun, menjelaskan pelaksanaan pencegahan dan pengendalian penyakit yang akan dilaksanakan antara lain menyesuaikan mekanisme tata kelola dan koordinasi untuk mendukung pelaksanaan kegiatan, juga mengoptimalkan tempat dan platform pemberian layanan.

“Tentunya juga dengan mengoptimalkan kapasitas tenaga kesehatan, menjaga ketersediaan sarana dan prasarana, memperkuat strategi komunikasi, dan menggunakan platform digital untuk mendukung pemberian layanan kesehatan esensial,” terangnya.

Narasumber yang dihadirkan di hari pertama rakor dan evaluasi ini diantaranya Kadinkes Kabupaten Bangka Tengah, Zaitun, S.Si.Apt., M.P.H., dengan materi Kolaborasi Daerah dalam Transformasi Kesehatan Layanan Primer, dan Kabid P2P, Zaitun, S.K.M., M.Epid., tentang Situasi Program P2P Kabupaten Bangka Tengah Triwulan I 2024.

Selain itu juga hadir perwakilan PKK Kabupaten Bangka Tengah, Hotijah, S.I.P., yang menjelaskan program kerja PKK dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit, juga dr. Dwi Gustiarini, Sp.A. (spesialis anak) dan dr. Yeni Marlina, Sp.PD. (spesialis penyakit dalam) dari RSUD Drs. Abu Hanifah Kabupaten Bangka Tengah, yang masing-masing menjelaskan pentingnya imunisasi pada bayi dan balita, serta deteksi dini pencegahan diabetes mellitus dan hipertensi. Juga materi manajemen bencana dalam upaya pencegahan dan pengendalian krisis kesehatan oleh Sri Murtopo, S.I.Kom, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Bangka Tengah.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Asti Pradiajayanti

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Deanty Nursyahfitri