Home Berita Terkini Diperkimhub Bangka Tengah bersama PTDI-STTD Bekasi Gelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat Tahun 2020

Diperkimhub Bangka Tengah bersama PTDI-STTD Bekasi Gelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat Tahun 2020

1,186
0
SHARE
Diperkimhub Bangka Tengah bersama PTDI-STTD Bekasi Gelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat Tahun 2020

Simpangkatis - Bertempat di SMKN 1 Simpangkatis, Bidang Perhubungan Dinas Perumahan Permukiman dan Perhubungan (Diperkimhub) Bangka Tengah menggelar kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pemberdayaan Masyarakat. Upacara pembukaan diklat pada Jumat (06/02/2020) pagi dipimpin langsung oleh Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. Ibnu Saleh, MM., bertindak selaku Inspektur Upacara. Diklat yang bekerja sama dengan PTDI-STTD (Politeknik Transportasi Darat Indonesia-Sekolah Tinggi Transportasi Darat) Bekasi ini digelar selama 3 hari, yakni tanggal 06 hingga 08 Maret 2020.

Ibnu Saleh dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Diperkimhub dan pihak PTDI-STTD yang telah menyelenggarakan acara pelatihan yang dibuka untuk siswa kejuruan dan masyarakat ini.

“Saya menyambut baik dan mengapresiasi atas dilaksanakannya acara ini dimana Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengembangan SDM-nya telah memilih Kabupaten Bangka Tengah untuk menyelenggarakan diklat ini. Semoga kegiatan ini memberikan dampak baik kepada masyarakat,” ungkap Ibnu.

Tak lupa Ibnu Saleh berpesan kepada peserta agar bisa memanfaatkan kesempatan dan ilmu yang diberikan tanpa dipungut biaya.

"Mohon diikuti dengan sungguh-sungguh dan kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik, ambil ilmunya. Jangan lupa membuat jaringan didalam pelatihan, sehingga nanti setelah pelatihan peserta akan terus bisa berkomunikasi dan mengikuti perkembangan ilmu yang terbaru," pesan Ibnu.

Bupati Bangka Tengah tersebut juga berharap diklat ini memberi manfaat langsung kepada masyarakat dan bisa digelar di sekolah-sekolah kejuruan lainnya.

"Terima kasih kepada SMKN 1 Simpang Katis telah bersedia menjadi lokasi diklat. Saya sudah menghimbau Dinas Tenaga Kerja Bangka Tengah (DPMPTK-red), agar langsung menggunakan sekolah-sekolah kejuruan sebagai lokasi diklat sehingga mempermudah akomodasi dan tepat sasaran. Dengan adanya pelatihan dan keterampilan yang cukup, saya harapkan anak muda dan masyarakat menjadi tenaga kerja yang tangguh dan terampil," tutupnya.

Sementara itu Kepala Diperkimhub, Ari Yanuar Prihatin, ST., dan Wakil Direktur PTDI-STTD Bekasi, Dr. Gloria Novita C., MT., saat diwawancarai menjelaskan bahwa di diklat terdapat 6 bidang keterampilan yang diajarkan yakni Orientasi Lalu Lintas Angkutan Jalan (50 peserta), Keselamatan Berlalu-lintas Jalan (50 peserta), Inspeksi Keselamatan Jalan (50 peserta), Emisi Gas Buang (25 peserta), Pemeliharaan Sepeda Motor (50 peserta), dan Penyelenggaraan Parkir (50 peserta). Peserta sejumlah 275 orang ini berasal dari siswa sekolah umum, sekolah kejuruan, hingga masyarakat umum se-Bangka Tengah.

Ari menjelaskan bahwa antusiasme masyarakat sangat tinggi, terhitung sejak 2017 rata-rata 1.000 hingga 1.500 orang per tahun mendaftarkan diri untuk bisa mengikuti diklat serupa.

“Dan buktinya kali ini kami memang tidak susah mendapatkan peserta karena Diperkimhub bisa mengkoordinir dengan cepat para pendaftar tersebut,” sambut Gloria mengapresiasi.

Usai upacara pembukaan, Bupati Bangka Tengah menyematkan topi dan kalung tanda peserta secara simbolis kepada perwakilan peserta, dilanjutkan serah terima cendera mata dari PTDI-STTD Bekasi kepada orang nomor satu di Bangka Tengah tersebut.* (APJ/WEE/Foto:MRT/APJ)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah