Home Daerah Diseminasi Hasil Penelitian Kolaborasi International Halal Tourism Digelar di Kurau Bangka Tengah

Diseminasi Hasil Penelitian Kolaborasi International Halal Tourism Digelar di Kurau Bangka Tengah

182
0
SHARE
Diseminasi Hasil Penelitian Kolaborasi International Halal Tourism Digelar di Kurau Bangka Tengah

Koba – Syarifullah Nizam selaku Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Bangka Tengah menghadiri Forum Group Discussion (FGD) Diseminasi Hasil Penelitian Kolaborasi International Halal Tourism di Balai Desa Kurau Barat, Kecamatan Koba, Senin (12/09/2022).

FGD ini dipandu tim Penelitian Kolaborasi International dari Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang dan membahas tentang Desa Perlang dan Desa Kurau, Kabupaten Bangka Tengah.

"Saya mewakili Bupati Bangka Tengah mengucapkan terima kasih kepada tim Penelitian dari Palembang dan akan mendukung sepenuhnya proses penelitian tersebut,” ujar Syarifullah.

Syarifullah Nizam berharap penelitian tersebut bisa membawa Desa Wisata Halal Perlang dan Desa Kurau ke kancah nasional dan international, serta membawa dampak pada perekonomian yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.

"Desa Perlang menjadi Desa Halal yang dianugerahi oleh Menteri Sandiaga Salahuddin Uno masuk sebagai 50 besar Desa Wisata Terbaik di Indonesia yang patut dibanggakan oleh Kabupaten Bangka Tengah  umumnya, dan masyarakat Desa Perlang khususnya," ujar Syarifullah.

Syarifullah juga mengatakan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah mendukung sepenuhnya dan mendorong masyarakat Desa Wisata Halal Perlang untuk terus menggali potensi wisata dan ekonomi kreatif yang terdapat di daerah tersebut.

Sementara itu, Dr. Maftukhatusolikhah, M.Ag selaku Ketua Penelitian Kolaborasi International dari Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang mengatakan penelitian dan tahapan yang pihaknya jalankan sudah sampai diseminasi tetapi perlu menambah data untuk melengkapi penelitian tersebut.

"Penelitian mengenai Halal Tourism dengan kerangka Sustainable and Responsible Tourism diperlukan untuk mendukung tujuan bersama negara-negara di seluruh dunia yang sudah dicanangkan oleh United Nation (PBB) dan dikenal dengan istilah Sustainable Development Goals (SDGs). Tujuannya untuk menawarkan model strategi pengembangan Halal Tourism dalam kerangka Sustainable and Responsible Tourism,” ujar Maftukhatusolikhah yang menekankan pariwisata yang ramah lingkungan dan bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat setempat.

Di penghujung sambutannya, Maftukhatusolikhah mengharapkan kesinergian antara tim Penelitian UIN Raden Fatah Palembang dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah. Ia menyampaiakn agar penelitian ini bermanfaat untuk dunia dan akhirat, jangan sampai kita hanya memikirkan ekonomi tetapi melupakan sosial dan spritual.

Acara tersebut dihadiri oleh Kabid Pariwisata Dinbudparpora Kabupaten Bangka Tengah, Kades Perlang, Kades Kurau Barat, Pokdarwis Desa Perlang dan masyarakat Desa Kurau Barat.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis dan Fotografer: Irvan

Editor: Asti P.