Home Berita Instansi dan Kementerian Diskominfosta Bangka Tengah Gelar Sosialisasi Tanda Tangan Elektronik dan CSIRT

Diskominfosta Bangka Tengah Gelar Sosialisasi Tanda Tangan Elektronik dan CSIRT

240
0
SHARE
Diskominfosta Bangka Tengah Gelar Sosialisasi Tanda Tangan Elektronik dan CSIRT

KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng), melalui Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfosta) gelar Sosialisasi Penggunaan Sertifikat Elektronik pada Layanan Adminitrasi Pemerintahan dan Pengenalan CSIRT di Ruang VVIP Kantor Bupati Bateng, Kamis (15/09/2022).

Sosialisasi ini dibuka oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ahmad Syarifullah Nizam, yang diikuti seluruh OPD Kabupaten Bateng.

Kepala Diskominfosta Kabupaten Bateng, Feri Prihatin Akbar, menerangkan bahwa kegiatan penggunaan tanda tangan elektronik ini menjadi program prioritas Pemkab Bateng, khususnya Diskominfosta melalui Bidang Aplikasi informatika dan Keamanan Informasi Persandian, dan tahun ini seluruh OPD sudah bisa melakukan tanda tangan elektronik.

Dalam hal ini, tujuan program berbasis elektronik tentu mempunyai beberapa manfaat dalam melakukan administrasi  suatu pemerintahan, yakni kemanan, kecepatan, dan kemudahan.

"Pertama dari keamanan informasi, surat menyurat sudah bisa menggunakan elektronik. Kemudian manfaatnya juga mempermudah, seperti yang sudah disampaikan Asisten tadi dengan adanya penandatanganan elektronik itu tidak terbatas waktu dan tempat sehingga bisa dilakukan dimana saja," terang Feri.

Selain itu dikatakan Feri, penandatanganan berbasis elektronik tersebut sudah bisa diterapkan. Namun saat ini programnya akan diberlakukan di beberapa OPD terlebih dahulu dan akan diberlakukan oleh setiap OPD di Pemkab Bateng pada Tahun 2022.

Feri berharap, program ini bisa dimanfaatkan dalam mendukung layanan adminitrasi pemerintahan Kabupaten Bangka Tengah menuju ke arah digitalisasi.

"Kita sudah bekerja sama dengan Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) yang merupakan unit pelaksana teknis di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan hal itu sebenarnya sudah bisa diberlakukan. Kedepannya ada uji coba yang akan diterapkan pada lima OPD di Pemkab Bateng. Selanjutnya akan disusul dengan OPD lainnya," jelas Feri.

"Kami berharap selain keamanan, kemudahan, dan kecepatan, langkah ini akan memberikan dampak yang positif bagi penyelenggaraan pelayanan publik berbasis elektronik kepada masyarakat," harapnya.

Sementara itu Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Syarifullah Nizam, dalam sambutannya berharap melalui kegiatan sosialisasi ini akan bermanfaat dalam mendukung teknologi informasi berbasis elektronik di Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah. Ia juga berpesan agar peserta dapat memahami materi yang disampaikan narasumber, Dr. Adhari, yang merupakan perwakilan Diskominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Kepada seluruh Kepala OPD di  Kabupaten Bateng untuk dapat menggunakan tanda tangan elektronik ini secara bijak dan dimanfaatkan untuk hal positif sehingga dapat meningkatkan kualitas teknologi informasi di lingkungan pemerintah Kabupaten Bangka Tengah kedepannya," tegasnya. *Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis dan Fotografer: Hardian

Editor: Asti P.