Home Berita Terkini Diskominfosta Bateng Gelar Sosialisasi Metadata Statistik Sektoral

Diskominfosta Bateng Gelar Sosialisasi Metadata Statistik Sektoral

1,343
0
SHARE
Diskominfosta Bateng Gelar Sosialisasi Metadata Statistik Sektoral

Koba – Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfosta) Kabupaten Bangka Tengah, Bidang Statistik, menyelenggarakan Sosialisasi Metadata Statistik Sektoral bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung beserta BPS Kabupaten Bangka Tengah, di Ruang Rapat VIP Bupati Bateng, Kamis (18/02/2021).

Plt. Kepala Diskominfosta, Drs. Erwin David membuka kegiatan tersebut dan menyampaikan bahwa sosialisasi yang dilaksanakan ini untuk memberikan penjelasan tentang tata kelola statistik sektoral.

"Kegiatan sosialisasi ini untuk meningkatkan dan membangun kesamaan dalam memahami penyelenggaraan kegiatan statistik,” tegasnya.

Erwin juga mengatakan bahwa metadata memberikan informasi tambahan dari kegiatan statistik yang telah dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Ketika OPD mengeluarkan suatu data, maka metadata memaparkan sebuah info tambahan dari data itu, tentang apa, waktu pembuatannya kapan dan konsep definisi yang digunakan apa.

“Masalah data sangat penting dan menjadi salah satu indikator dalam penentuan keberhasilan dari OPD, khususnya dalam pengumpulan data. Berhasil tidaknya laporan nantinya tergantung dari data yang ada,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Bidang Statistik, Mubarak Rachman Bahren, ST., menjelaskan bahwa Bidang Statistik saat ini sedang dalam proses pengerjaan Satu Data Indonesia di Kabupaten Bangka Tengah yang akan dikuatkan melalui Peraturan Bupati Bangka Tengah tentang Satu Data. Pelaksanaan Perbup ini akan didukung oleh sistem online Sikok Data (dari Bahasa Bangka yang artinya Satu Data- red) yang nantinya bisa diakses oleh semua stakeholder.

 “Kami sedang dalam pengerjaan sistem online yang akan kami beri nama Sikok Data, yang nantinya masyarakat bisa mengakses melalui sistem ini,” jelasnya.

Dijelaskan Mubarak, data sektoral ini meliputi perwujudan suatu daerah, baik kondisi wilayah, potensi sumber daya maupun hasil pembangunan suatu daerah yang bisa menjadi bahan masukan dalam rangka perencanaan dan evaluasi pembangunan suatu kabupaten secara terpadu dalam melaksanakan program-program pembangunan.

Turut hadir dalam kegiatan ini perwakilan BPS Provinsi Bangka Belitung, Bambang Sri Yuwono, S.Si., M.Si., yang juga bertindak sebagai narasumber dan diikuti oleh perwakilan Organisasi Perangkat Daerah se-Pemkab Bateng.* (RIS/APJ/Foto:RDT)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah