Home Daerah Diskominfosta dan BPS Bateng Gelar FGD tentang Publikasi Kabupaten Bateng Dalam Angka 2022

Diskominfosta dan BPS Bateng Gelar FGD tentang Publikasi Kabupaten Bateng Dalam Angka 2022

1,744
1
SHARE
Diskominfosta dan BPS Bateng Gelar FGD tentang Publikasi Kabupaten Bateng Dalam Angka 2022

Koba – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) bekerja sama dengan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bangka Tengah (Diskominfosta) menggelar Focus Group Discussion (FGD) pembahasan publikasi Kabupaten Bangka Tengah Dalam Angka 2022 sekaligus Sosialisasi Layanan BPS. Acara yang digelar di Gedung Diklat BKPSDMD Bateng, Senin (31/01/2022) ini, dihadiri Sekda Bateng.

Dalam kesempatan ini Sekda Bateng, Sugianto, mengatakan bahwa pentingnya statistik dan data BPS sebagai satu-satunya referensi bagi pemerintah daerah dalam membuat perencanaan dan kebijakan untuk pembangunan daerah.

“BPS Kabupaten Bateng melakukan penyusunan publikasi Daerah Dalam Angka (DDA). Publikasi tersebut memberikan gambaran mengenai keadaan sosial, ekonomi, wilayah dan kondisi di daerah khususnya Kabupaten Bangka Tengah,” kata Sugianto.

Lebih lanjut Sugianto menekankan pentingnya koordinasi antar dinas/instansi terkait untuk memberikan data sektoral yang dibutuhkan. 

Menutup sambutan sekaligus membuka acara FGD ini, Sekda Bateng mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terkait yang telah berkontribusi dalam penyusunan publikasi Bangka Tengah Dalam Angka, terutama Bidang Statistik Diskominfosta Bateng yang berperan sebagai wali data sehingga memenuhi kaidah Satu Data Indonesia (SDI).

Berikutnya, Rizanal Mahmudin selaku Kepala BPS Bateng mengatakan tujuan dilaksanakan FGD ini agar dapat meningkatkan data DDA baik secara kuantitas maupun kualitas, sehingga data yang disajikan benar benar menggambarkan kondisi Kabupaten Bateng.

“Secara nasional, seluruh Indonesia termasuk Kabupaten Bangka Tengah, akan melakukan Publikasi Daerah Dalam Angka yang dijadwalkan rilis pada tanggal 26 Februari 2022. Diharapkan pada tanggal 23 Februari 2022 data yang diupload sudah final dan akurat,” harap Rizanal.

Hal serupa dikatakan Feri Prihatin Akbar selaku Kepala Diskominfosta Bateng mengatakan bahwa FGD ini bertujuan untuk menerbitkan publikasi Bangka Tengah Dalam Angka 2022.

“Sebelum data ini rilis pada 26 februari 2022 agar seluruh OPD dan dinas terkait melihat kembali apakah ada perbaikan atau kekurangan, serta untuk melengkapi data tersebut. Diharapkan paling lambat tanggal 22 Februari 2022 data sudah harus finalisasi sehingga pada tanggal 23 Februari data tersebut sudah dapat diunggah,” jelas Feri.

Lebih lanjut Feri mengatakan untuk menindaklanjuti ini akan dilakukan pertemuan kembali pada tanggal 7 Februari 2022.

“Terima kasih kami ucapkan kepada semua perwakilan dari dinas dan instansi terkait yang selama ini ikut berkontribusi dalam penyusunan publikasi Bangka Tengah Dalam Angka 2022. Semoga acara FGD ini  menjadi amal ibadah kita dan memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya Kabupaten Bangka Tengah,” tutup Feri.

Diskusi ini dengan narasumber Sekda Bateng Sugianto, Kepala BPS Bateng Rizanal Mahmudin, bersama Koordinator Fungsi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik (IPDS) BPS Bateng Yogi Oltas, yang dipandu oleh Moderator Kepala Diskominfosta Bateng Feri Prihatin Akbar.

Hadir dalam kegiatan ini perwakilan Kemenag Bateng, perwakilan Polres Bateng, perwakilan UPTD Samsat Bateng, juga perwakilan OPD se-Kabupaten Bateng.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Yudi HP

Editor: Asti Pradiajayanti

Fotografer: Angga