Home Berita Terkini Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kunker ke Lahan Demplot Hijau Pakan di Desa Bukit Kijang Bangka Tengah

Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kunker ke Lahan Demplot Hijau Pakan di Desa Bukit Kijang Bangka Tengah

223
0
SHARE
Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kunker ke Lahan Demplot Hijau Pakan di Desa Bukit Kijang Bangka Tengah

Namang - Rombongan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan khususnya Direktorat Pakan melakukan kunjungan kerja ke lahan Demplot Hijau Pakan, lahan bekas eks tambang di Desa Bukit Kijang Kecamatan Namang, Kamis(23/07/2020).

Lahan tersebut kini telah beralih fungsi menjadi pertanian terpadu yang dulunya merupakan tempat penambangan timah sebagai mata pencaharian warga sekitar. Terletak di Desa Bukit Kijang, Kecamatan Namang Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung lahan pertanian terpadu ini terhampar di atas 10 hektar lahan bekas tambang Timah. Lahan tersebut tersebut terdapat beberapa jenis tanaman yang sengaja ditanam, diantaranya adalah Varietas Sukmaraga, Rumput Gajah CV Taiwan, Paspalum Atratum, Bede, Brachiaria Humidicola, Mucuna, Arachid Pintoi, Clitoria Ternatea, Paspalum Notatum, Rumput Grenteng, Rumput Benggala, Stello, Indigo Vera,  Sentro, Cuero dan ada 17 jenis rumput lainnya.

Dari pantauan di lokasi, saat ini baru 6 hektar lahan yang dipakai untuk kegiatan pertanian terpadu dan 4 hektar masih belum terpakai. Sebagian lahan dijadikan lahan Demplot Hijau Pakan lahan bekas eks tambang yang mulai beroperasi pada tahun 2014.

Adanya alih fungsi lahan tersebut, Edi Romdhoni,  SP. MM., selaku Kepala Dinas Pangan berharap Desa Bukit Kijang menjadi desa percontohan bagi daerah yang lain dan bisa dibudidayakan serta dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Lahan tersebut juga bisa menjadi ladang pendorong ekonomi masyarakat di Desa Bukit Kijang Kabupaten Bangka Tengah.

"Saya kira ini contoh yang baik. Mudah-mudahan menjadi percontohan bagi daerah-daerah lainnya di Bangka Belitung khususnya yang memang lahannya sudah rusak karena tambang. Bisa juga dijadikan nilai ekonomi bagi masyarakat Bangka Belitung dan sekitarnya khususnya para petaninya," ujar Edi berharap.

Pertanian terpadu tersebut beroperasi di bawah bimbingan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bangka Belitung sedangkan proyeknya dimiliki oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui BPTP Pertanian dan kerjasama dengan Dinas Pertanian Bangka Tengah.

Turut berpartisipasi dalam acara ini antara lain, rombongan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, BPTP Babel, Kepala Dinas Pertanian Provinsi, Kepala Dinas Pertanian, Camat Namang, Kades Bukit Kijang beserta warga Desa Bukit Kijang.* (QRY/WEE/Foto: MRT)

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah