Home Berita Terkini Erzaldi Launching Anjungan Dindukcapil Mandiri di Momen Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial di Bateng

Erzaldi Launching Anjungan Dindukcapil Mandiri di Momen Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial di Bateng

632
0
SHARE
Erzaldi Launching Anjungan Dindukcapil Mandiri di Momen Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial di Bateng

Simpang Katis – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terpilih menjadi lokasi puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2021 yang akan digelar di Kota Muntok, Bangka Barat, tanggal 20 Desember 2021 mendatang. Terkait hal ini, Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung gelar Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial (LBKS) di kota dan kabupaten se-Babel, termasuk di Bangka Tengah.

Di Bangka Tengah, giat LBKS ini dilaksanakan di beberapa lokasi, yakni Danau Pading Desa Perlang, Desa Penyak, dan berakhir di Kecamatan Simpang Katis. Di lokasi terakhir ini, Gubernur sekaligus Launching Anjungan Dindukcapil Mandiri (ADM), di halaman Kantor Kecamatan Simpang Katis, Selasa (30/11/2021).

Terkait LBKS, Dr. H. Erzaldi Rosman Djohan, S.E., M.M., mengatakan bahwa kegiatan Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial Nasional kali ini menyerahkan bantuan langsung sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat.

“Hari ini kita menyerahkan bantuan yang diserahkan langsung pada masyarakat sebagai bentuk kepedulian dalam rangkaian Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial Nasional. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan dapat meringankan beban masyarakat di tengah-tengah kesulitan menghadapi gelombang pandemi Covid-19,” kata Erzaldi.

Dalam kesempatan yang sama Roy Haris, S.STP., M.Si selaku Camat Simpang Katis sangat mengapresiasi kegiatan ini karena dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Simpang Katis.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dan Bupati Bangka Tengah yang telah melaksanakan kegiatan LBKS-HKSN di sini sehingga berdampak langsung khususnya masyarakat Kecamatan Simpang Katis dan Sungai Selan. Harapannya kegiatan ini dapat terus dilaksanakan, tidak hanya seremonial saja, tapi diisi dengan pemberian bantuan langsung kepada masyarakat terutama para lansia dan anak yatim piatu,” kata Roy Haris.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dana hibah, bantuan kearifan lokal, bantuan BPJS Ketenagakerjaan, dan sembako kepada masyarakat setempat.

Sementara itu, menyoroti Launching Anjungan Dindukcapil Mandiri (ADM), Drs. Julhasnan, M.Tr.I.P selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Bangka Tengah, mengatakan bahwa di momen ini launching ADM dilakukan secara simbolis oleh Gubernur Babel. 

“ADM ini merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Mesin ini bisa mencetak Kartu Tanda Penduduk, Kartu keluarga dan akta baik itu Akta Kelahiran, Akta Kematian dan sebagainya. Dengan adanya ADM ini diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan tekhnologi yang memudahkan pengurusan administrasi kependudukan pencatatan sipil di Kabupaten Bangka Tengah,” kata Julhasnan.

Prosedur penggunaan ADM ini pemohon mendaftarkan diri secara online melalui email untuk memasukkan data diri pemohon dan akan terkoneksi melalui HP pemohon. Selanjutnya pemohon bisa datang ke mesin ADM untuk mencetaknya.

“Terima kasih kepada Gubernur Kepulauan Bangka Belitung melalui Dindukcapil Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Bupati Bangka Tengah yang telah mendukung kegiatan ini terutama dalam hal pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Bangka Tengah,” tambahnya. 

Hadir dalam kegiatan ini Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagsel, Forkopimda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Forkopimda Kabupaten Bangka Tengah, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala DP3CSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, perwakilan Dinas Sosial Kabupaten Bangka Tengah, perwakilan Baznas Bangka Tengah, perwakilan Bank Sumselbabel Cabang Koba, perwakilan CV. Sumber Jadi Pangkalpinang, Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat.   

*(YHP-APJ/APJ/Foto:YHP)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah