Home Daerah Eva Algafry Himbau Pentingnya Pemeriksaan IVA Sejak Dini, Tidak Perlu Takut!

Eva Algafry Himbau Pentingnya Pemeriksaan IVA Sejak Dini, Tidak Perlu Takut!

874
0
SHARE
Eva Algafry Himbau Pentingnya Pemeriksaan IVA Sejak Dini, Tidak Perlu Takut!

Lubuk Besar – Masih dalam rangkaian Bulan Vitamin A, Eva Algafry selaku Bunda Posyandu Bangka Tengah berkunjung ke Posyandu Lavender yang bertempat di Dusun Air Batu Desa Lubuk B1 Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah, Kamis (17/02/2022).

Dalam kunjungannya kali ini, Eva mengaku senang karena kegiatan Posyandu Lavender selalu dilaksanakan pada tanggal 17 setiap bulannya.

Terkait Bulan Vitamin A, Eva memberikan secara langsung vitamin A kepada anak-anak yang mengikuti kegiatan Posyandu kali ini. Ia juga selalu menekankan jika vitamin A sangat penting bagi anak-anak dan ibu dalam masa nifas.

Selain memberikan vitamin A kepada bayi dan anak, Eva juga mengajak para ibu untuk melakukan pemeriksaan IVA. Menurutnya, IVA adalah upaya paling mudah untuk mendeteksi kanker serviks secara dini. Pemeriksaan ini penting mengingat kanker serviks merupakan pembunuh ke-2 perempuan di Indonesia setelah kanker payudara.

"Saya harap para ibu dan perempuan di sini bebas kanker serviks yang sejauh ini menjadi pembunuh ke-2 setelah kanker payudara," ungkapnya.

Sebagai Istri Bupati Bangka Tengah, ia tidak henti-hentinya mengajak kaum wanita untuk sadar diri mengikuti pemeriksaan IVA di Puskesmas terdekat.

Eva juga berpesan agar para ibu dan perempuan di Bangka Tengah tidak perlu takut untuk memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat karena akan ditangani oleh bidan dan dokter yang berkompeten.

"Untuk pemeriksaan IVA, tidak perlu ke rumah sakit, cukup ke Puskesmas karena ada bidan dan dokter yang ahli. Dibanding test lain, IVA test lebih praktis, murah dan hasilnya bisa segera diketahui," jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua TP PKK Lubuk Besar, tim dari Puskesmas Lubuk Besar, Kader PKK Lubuk Besar dan para kader Posyandu.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Pratama P Anggara

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Redoh Soniman