Home Daerah Eva Algafry Ingatkan Orang Tua untuk Rutin Cek Tumbuh Kembang Anak

Eva Algafry Ingatkan Orang Tua untuk Rutin Cek Tumbuh Kembang Anak

1,057
0
SHARE
Eva Algafry Ingatkan Orang Tua untuk Rutin Cek Tumbuh Kembang Anak

Sungaiselan - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), drg. Eva Algafry kunjungi Posyandu Anggur, Desa Romadhon Kecamatan Sungaiselan, Selasa (08/02/2022) pagi.

Saat ditemui, drg. Eva Algafry mengatakan kunjungan ini dilakukan dalam rangka memperingati bulan Vitamin A yang diperingati pada setiap bulan Febuari dan Agustus. Pada momen ini dibagikan vitamin A secara gratis untuk anak balita.

"Alhamdulillah ini kunjungan pertama ke Posyandu Anggur Desa Romadhon, yang mana kehadiran kami di sini untuk memberikan perhatian dan dukungan kepada Ibu-ibu dan anak peserta Posyandu yang hadir guna memperingati Hari Vitamin A," ujar Eva.

Dikatakannya, vitamin A sangat penting bagi kesehatan tubuh. Pasalnya pemberian suplementasi vitamin A sebanyak 2 kali pertahun pada balita dapat mencegah kekurangan vitamin A yang dapat menyebabkan kerusakan mata dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena vitamin ini dapat mencegah timbulnya komplikasi pada penyakit yang sering terjadi pada balita.

"Jadi setiap bulan Februari dan Agustus memang merupakan bulan Vitamin A sehingga kunjungan ini bertujuan untuk memastikan pemberian vitamin A kepada anak-anak," tuturnya.

Selain itu, Ia pun berpesan kepada para Ibu dan Ayah agar tetap konsisten membawa anaknya ke Posyandu. Masalah kesehatan yang terkait kurangnya suplementasi vitamin A pada balita terjadi  karena kurangnya pengetahuan orang tua terutama ibu tentang gizi yang baik.

"Sudah kita sampaikan agar para Ibu dan Ayah ini tetap membawa anaknya ke Posyandu, bukan hanya untuk imunisasi tetapi juga pemantauan tumbuh kembang anak," jelasnya.

Menurut Eva, para orang tua ini kebanyakan sudah berhenti membawa anaknya ke Posyandu ketika usia 1 tahun.

"Kegiatan Posyandu yang diadakan setiap bulan untuk anak-anak usia 0 sampai 6 tahun ini biasanya berhenti saat usia anak satu tahun, dengan anggapan jika imunisasi selesai, maka pengecekan di Posyandu juga sudah usai," jelasnya.

Selain mengajak para orang tua untuk rutin membawa anaknya ke Posyandu, pihaknya juga turut menghimbau agar Ibu-ibu rutin melakukan tes IVA.

"Kita akan terus berupaya menggerakkan para Ibu dan Ayah ini untuk rutin membawa anaknya melakukan pengukuran tumbuh kembang anak serta khusus untuk para Ibu agar selalu rutin tes IVA, sebagai salah satu cara untuk deteksi dini penyakit kanker serviks atau kanker mulut rahim," imbuhnya.

Terpisah, setelah melakukan kunjungan, Eva bersama Dinas Sosial PMD Kabupaten Bateng memberikan bantuan kursi roda kepada salah satu warga Desa Romadhon.

Eva berharap bantuan kursi roda tersebut bermanfaat dan dapat menjadi semangat baru kepada warga yang menerima bantuan tersebut.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Hardian

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Redoh Soniman