Home Berita Terkini Eva Algafry Panen Sayuran di KWT Anggrek , Kelola Tempat Sampah Jadi Lahan Pertanian

Eva Algafry Panen Sayuran di KWT Anggrek , Kelola Tempat Sampah Jadi Lahan Pertanian

1,025
0
SHARE
Eva Algafry Panen Sayuran di KWT Anggrek , Kelola Tempat Sampah Jadi Lahan Pertanian

Koba - drg. Eva Algafry selaku Ketua TP-PKK Kabupaten Bangka Tengah hadiri Kegiatan Panen Sayuran KWT (Kelompok Wanita Tani) Anggrek, Kelurahan Koba, yang berlokasi di belakang SDN 4 Koba, Rabu (16/02/2022).

"Alhamdulillah hari ini kita panen jagung, timun, dan kacang panjang di KWT Anggrek, dan ini merupakan panen yang kesekian kalinya," ucap Eva.

Dikatakannya juga bahwa proses awal pembentukan KWT Anggrek dilalui dengan proses yang tidak mudah, dikarenakan terkendalanya lahan tetapi dengan semangat yang tinggi akhirnya KWT Anggrek bisa diwujudkan.

"Kita berharap muncul kembali KWT-KWT lain yang punya semangat luar biasa seperti KWT Anggrek ini, dan sebagai penambah semangat nanti bisa studi banding ke KWT lain yang lebih maju. Semoga kedepannya KWT ini menjadi percontohan di Kabupaten Bangka Tengah," harapnya.

Di kesempatan yang sama, Wenni selaku ketua KWT Anggrek juga menyampaikan awal mula terbentuknya KWT yaitu pada Tahun 2020 dan baru mulai berjalan pada Tahun 2021. Ia juga mengatakan lahan yang digunakan saat ini dulunya adalah lahan tempat pembuangan sampah.

"Alhamdulillah kami dari KWT Kelurahan Koba bisa membentuk KWT di Ibu Kota Kabupaten dan ini sudah beberapa kali panen," ucap Wenni.

Ia juga menyampaikan ada beberapa tanaman yang di tanam di KWT Anggrek seperti jagung, bayam, kangkung, tomat, kacang panjang, terong, cabe, dan seledri.

"Untuk jagung sudah 3 kali panen, kangkung, timun baru pertama kali, dan Alhamdulillah walaupun baru panen yang pertama sudah mendapatkan 100 kilogram dalam satu minggu" terangnya.

Wenni juga menambahkan dari hasil panen tersebut  dapat menambah pemasukan kas KWT dan ia berharap agar KWT Anggrek kedepannya menjadi lebih maju.

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah dan jajarannya, Ketua TP-PKK Kecamatan Koba beserta anggota, Ketua TP-PKK Kelurahan Koba, dan para anggota KWT Anggrek. *Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis : Redoh Soniman

Editor : Rini Martini

Fotografer : Redoh Soniman