Home Daerah Eva Algafry: Perempuan dan Kesehatan Dua Sisi yang Tak Terpisahkan

Eva Algafry: Perempuan dan Kesehatan Dua Sisi yang Tak Terpisahkan

393
0
SHARE
Eva Algafry: Perempuan dan Kesehatan Dua Sisi yang Tak Terpisahkan

PANGKALANBARU - Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Tengah, drg. Eva Algafry hadir sebagai narasumber dalam kegiatan Seminar Kesehatan yang digelar oleh Korps Putri Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (Kopri PC PMII) Kota Pangkalpinang di Aula GSG Kecamatan Pangkalanbaru, Kamis (22/06/2023).

Seminar kesehatan yang mengangkat tema Peran Penting Perempuan dalam Dunia Kesehatan ini dihadiri mahasiswa kesehatan se-Bangka Belitung serta BEM Universitas se Bangka. Selain drg. Eva Algafry selaku narasumber, seminar kesehatan ini juga turut mengundang dr. Hastuti, M.Sc., selaku Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Chairul Aprizal, S.K.M., selaku Tenaga Penyuluh Kesehatan dan Ilmu Perilaku.

Seperti yang diketahui, peran perempuan dalam dunia kesehatan tidak bisa dipungkiri, malah bisa dibilang peran perempuan itu sudah melekat dan punya andil yang besar. Terlihat perempuan harus menjaga kesehatannya, mulai dari remaja dengan minum tablet tambah darah, skrining layak hamil untuk calon ibu atau catin, mengasuh dan menjaga anak, pasangan serta keluarga.

drg. Eva Algafry mengapresiasi Kopri PC PMII Kota Pangkalpinang yang telah mengadakan seminar kesehatan ini. Menurutnya, seminar kesehatan ini membawa pengetahuan untuk para mahasiswa bagaimana peran perempuan sangatlah diperlukan dalam berbagai bidang.

“Perempuan itu memiliki peran yang sangat besar dan tidak bisa dikecilkan, bahkan baik dalam berumah tangga, bernegara, pendidikan hingga kesehatan. Dan kita sangat mengapresiasi Kopri PC PMII Kota Pangkalpinang yang telah aktif dan menggalakkan betapa pentingnya peran perempuan terutama di dunia kesehatan,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan peran perempuan dalam dunia kesehatan juga tak terlepas dari pola hidup bersih dan sehat (PHBS) yang harus dimulai sejak usia dini.

“Bagi para mahasiswa juga yang merupakan calon ibu atau ayah dan bahkan akan turun ke lapangan dalam kegiatan bermasyarakat, sangat penting untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat karena ini bisa ditularkan kepada anak-anak bahkan kepada masyarakat nantinya,” ujar Eva.

Selain pentingnya mempelajari dunia kesehatan, Eva juga berpesan agar para perempuan harus bisa menjadi perempuan yang tangguh serta bermanfaat bagi diri sendiri serta orang lain. Ia juga menegaskan untuk terus menambah dan mengasah ilmu, salah satunya melalui membaca.

“Perempuan boleh saja berkarier dan berkarya di berbagai bidang, tetapi tetap tidak melupakan kodratnya sebagai perempuan. Dan untuk mahasiswa semua jangan lupa untuk terus menambah ilmu serta diharapkan agar bisa menguasai bahasa, karena bahasa itu sangat penting,” pesannya.

Turut dihadiri oleh Aisyah Sisylia selaku Ketua TP-PKK Kecamatan Pangkalan Baru, perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ketua Kopri PC PMII Kota Pangkalpinang, Kopri PC PMII Bangka, dan mahasiswa kesehatan.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Prayogi J

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Prayogi J