Home Berita Instansi dan Kementerian Festival Hari Guru Nasional Tahun 2022 di Bateng, Meriah Sejak Hari Pertama

Festival Hari Guru Nasional Tahun 2022 di Bateng, Meriah Sejak Hari Pertama

583
0
SHARE
Festival Hari Guru Nasional Tahun 2022 di Bateng, Meriah Sejak Hari Pertama

KOBA – Rabu (30/11/2022) pagi, suasana Gedung Serba Guna Bangka Tengah sudah tampak ramai baik dari halaman hingga ke dalam gedung. Rupanya para guru se-Bangka Tengah mengikuti berbagai perlombaan yang digelar dalam acara Festival Hari Guru Nasional Bangka Tengah Tahun 2022.

Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Pendidikan kepada Guru dan Tenaga Kependidikan atas segala upaya dan usaha yang dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan setiap tahunnya.

"Hari ini merupakan hari pertama perayaan Festival Hari Guru Nasional. Ada tiga kegiatan yang dilaksanakan secara bersamaan saat ini," ungkap Esdras Xaverius selaku Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah.

Dilanjutkannya, rentetan kegiatan ini diantaranya ada pameran pendidikan dari sekolah-sekolah mulai dari tingkat TK/PAUD, SD, dan SMP se-Kabupaten Bangka Tengah. Kedua, lomba memasak makanan khas Bangka dan yang ketiga ada lomba stand up comedy. Kemudian, siangnya ada lomba menyanyi solo guru yang diikuti oleh guru-guru yang ada di Bangka Tengah.

"Besok pagi (Kamis, 01/12/2022) akan ada seminar pendidikan yang diisi oleh Billy Mambrasar, Staf Khusus Presiden RI Joko Widodo di bidang Inovasi, Pendidikan, dan Daerah Terluar. Lalu, pembicara kedua ada Rektor Universitas PGRI Palembang (UPGRIP), Dr. Bukman Lian," terang Esdras.

Hari Jumat (02/12/2022) Ia melanjutkan, akan ada Festival Anak PAUD se-Bangka Tengah, dan Sabtu (03/12/2022) ada simposium pendidikan dan diakhiri dengan pembagian hadiah dari beberapa lomba yang sudah dilaksanakan. Disebutnya, ada pula lomba unik seperti lomba menulis surat untuk Bupati Bangka Tengah yang diikuti oleh anak-anak SD, dan lomba bercerita untuk anak SMP.

"Puncak acara di hari Minggu (04/12/2022), digelar jalan santai yang dimulai dan selesai di halaman Kantor Bupati Bangka Tengah," jelasnya.

Khusus tahun ini, ia mengungkapkan memang perayaannya cukup panjang sesuai dengan permintaan para guru. Dinas Pendidikan ingin para guru merasa bangga akan profesinya sehingga memberikan tempat tertinggi untuk profesi guru. Selain mengajar, menurut Esdras guru-guru juga memiliki bakat yang perlu diapresiasi. Harapannya, selain bersilaturahmi mereka semakin semangat, semakin kuat, semakin ikhlas dalam menjalani tugas sebagai guru dalam profesinya.

Priyani Rahmatika, guru SDN 9 Koba yang mengikuti lomba masakan khas Bangka mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan yang diikuti oleh timnya hari ini.

"Ini bentuk apresiasi Pemerintah Daerah kepada guru-guru yang ada di Bateng. Selain itu, kami juga dapat bertemu dengan kawan-kawan guru lainnya yang jauh untuk bersilaturahmi," ungkapnya senang.

Priyani dan rekan-rekan guru sekolahnya mengaku semangat mempersiapkan alat, bahan, dan peserta, bukan hanya untuk memeriahkan tapi juga menyabet juara sesuai harapan. *Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Karina Ningsih dan Onie R Bana

Editor: Asti P.

Fotgrafer: Onie R Bana