Home Berita Terkini Forkopimda Bateng Gelar Audiensi dengan BNNP Babel

Forkopimda Bateng Gelar Audiensi dengan BNNP Babel

137
0
SHARE
Forkopimda Bateng Gelar Audiensi dengan BNNP  Babel

Koba - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten (Forkopimda) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) sambut hangat audiensi Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bangka Belitung (Babel) di Ruang Rapat Bupati Bateng, Kamis (7/10/2021). Kunjungan BNNP Babel dan jajaran BNN Kabupaten/Kota dengan bertajuk Desa Bersih Narkoba (Bersinar) bertujuan mendampingi sejumlah desa dan kelurahan rawan penyalahgunaan narkoba.

Tampak hadir dalam audiensi  tersebut Bupati Bateng, Algafry Rahman., S.T., didampingi Kapolres Bateng AKBP Moch. Risya Mustario, S.H, S.I.K, M.H, Kajari Bateng Syamsuardi, S.H., M.H.,, Dandim 0413/Bangka Kolonel Inf Pujud Sudarmanto, S.Sos., Ketua Pengadilan Negeri Koba Rizal Taufani, S.H, M.H dan Ketua BNN Provinisi Babel Brigjen Pol. Muhammad Zainul Muttaqien, S.I.K, S.H., M.A.P berserta jajarannya.

Kepala BNNP Babel Brigjen Pol. Muhammad Zainul Muttaqien, S.I.K, S.H., M.A.P dalam paparannya menjelaskan, program “Desa Bersinar” adalah salah satu program yang merupakan implementasi dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 tahun 2020. Inpres itu memuat tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Selain itu, Ia juga mengatakan BNNP dan BNNK jajaran memetakan desa dan kelurahan menjadi empat kategori kerawanan narkoba.

“Ada kategori aman, siaga, waspada, dan bahaya. Daerah yang dianggap rawan dan perlu dapat penanganan pencegahan adalah desa atau kelurahan yang terkategori waspada dan bahaya,” jelasnya.

Dilanjutkannya, tujuan dari P4GN merupakan terbentuknya kemandirian semua elemen masyarakat dalam kewaspadaan tentang narkoba. Program Desa Bersinar ini merupakan kerja sama antara BNN dengan Menteri Desa PDTT dan Mendagri yang ditujukan secara nasional. Untuk itu, keberhasilan program ini tentunya membutuhkan peran Kepala Daerah  di masing-masing daerah.

"Kami berharap, Pemerintah Daerah berperan aktif untuk mendukung program Desa Bersinar dan P4GN," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bateng Algafry Rahman dalam sambutannya mengatakan sinergitas dan dukungan pemerintah daerah bersama stakeholders dengan BNNP Babel dan jajaran harus maksimal. Hal ini dilakukan guna untuk keberhasilan program Bersinar.

"Kami sangat mendukung berkaitan dengan program tersebut dalam memberantas penyalahgunaan serta peredaran narkoba di Bangka Tengah," ucap Algafry.

Algafry juga mengungkapkan  bahwa Kabupaten Bateng merupakan daerah yang cukup rawan dimasuki peredaran narkoba. Oleh sebab itu, sinergitas pemerintah, Polri, TNI dan Kejaksaan Negeri perlu dimaksimalkan. Dengan tegas Ia sepakat untuk memerangi peredaran narkoba untuk membangun Bateng melalui generasi sehat dan bebas narkoba.

"Khususnya daerah Sungaiselan, yang merupakan jalur keluar masuknya transportasi laut pulau Bangka dengan Palembang. Beberapa waktu lalu terungkap kasus masuknya narkoba di daerah tersebut oleh Polres Bateng," ungkap Algafry.

"Kami sangat mendukung, harapannya bersinergi untuk membangun Bangka Tengah  bebas narkoba tentunya tanggung jawab dan tugas kita bersama," tambah Algafry.*(IAN/WEE/Foto:IAN)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah