Home Berita Instansi dan Kementerian Gala Siswa Indonesia SMP Tingkat Kabupaten Bangka Tengah Resmi Dibuka

Gala Siswa Indonesia SMP Tingkat Kabupaten Bangka Tengah Resmi Dibuka

603
0
SHARE
Gala Siswa Indonesia SMP Tingkat Kabupaten Bangka Tengah Resmi Dibuka

KOBA –Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP tingkat Kabupaten Bangka Tengah resmi dibuka di Stadion Koba, Rabu (22/06/2022), oleh Sekretaris Bangka Tengah, Sugianto. Sejumlah 6 kontingen dari kecamatan se-Kabupaten Bangka Tengah dengan total peserta sebanyak 120 orang ini akan memulai pertandingan dari tanggal 22 hingga 24 Juni 2022.

Mewakili Bupati Bangka Tengah, Sugianto mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wadah bagi peserta didik dalam meningkatkan bakat, minat dan prestasi dalam bidang olahraga khususnya sepak bola.

“Semangat kompetitif harus dikedepankan, rasa sportifitas dan solidaritas harus dijunjung tinggi baik oleh para atlet, juri, dan pantia. Selamat berlomba, bertanding, dan berkompetensi dengan menjunjung sportifitas yang tinggi. Jaga kesehatan dan daya tahan agar siap tampil di arena pertandingan dan meraih kemenangan. Piala, medali emas, perak dan perunggu yang menjadi simbol kemenangan sudah berada di depan kalian,” ucapnya.

Sugianto juga berharap kegiatan ini bisa mejaring bibit unggul di bidang olahraga dan potensial untuk memajukan Bangka Tengah.

“Saya harap nantinya akan ada siswa kita yang lahir dari Bumi Selawang Segantang ini yang menimba ilmu sebagai pesepakbola profesional di klub-klub nasional, negara lain, bahkan di benua lain,” tambahnya.

Berdasarkan Pasal 1 Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 dinyatakan bahwa Penguatan Pendidikan Karakter yang selanjutnya disingkat PPK adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, kegiatan lomba, festival, dan olimpiade tahun 2022 bisa menjadi wahana produktif dan efektif dalam upaya peningkatan pendidikan karakter, baik melalui kegiatan pembelajaran maupun kegiatan perlombaan secara terpadu dan terkoordinasi, salah satunya kegiatan Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat SMP seperti ini.

Untuk itulah, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Pendidikan yang bekerja sama dengan KONI dan PSSI secara berkala akan selalu mengupayakan mengatasi kekurangan, kelemahan, dan kualitas para atlet di Bangka Tengah, salah satunya dengan mengadakan seleksi melalui kegiatan Gala Siswa Indonesia tingkat SMP, yang selanjutnya akan diadakan pada tingkat provinsi untuk menjaring atlet yang berkualitas.

Turut hadir dalam pembukaan ini Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinbudparpora, perwakilan OPD Pemkab Bangka Tengah, para Kepala SMP se-Kabupaten Bateng, pelatih, juri, dan para peserta. *Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Deanty Nursyahfitri

Editor: Asti Pradiajayanti  

Fotografer: Hardian / Deanty Nursyahfitri