Home Berita Terkini Gandeng UBB, Herry Erfian Prioritaskan Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

Gandeng UBB, Herry Erfian Prioritaskan Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

174
0
SHARE
Gandeng UBB, Herry Erfian Prioritaskan Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

Pangkalan Baru – Kajian perencanaan sumber daya alam merupakan salah satu upaya analisa potensi unggul sumber daya alam Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2021-2026.

Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian, S.T., hadiri acara paparan akhir kajian Perencanaan Sumber Daya Alam Tentang Potensi Unggulan Sumber Daya Alam Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2021-2026, di Hotel Santika Bangka Kecamatan Pangkalan Baru, Kamis (30/09/2021).

Dalam sambutannya, Herry menyampaikan bahwa hal ini bertujuan untuk mengetahui potensi berbagai sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk proses perencanaan program dan kegiatan serta mempermudah dalam menyusun rencana program dan kegiatan yang akan di laksanakan.

“Penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah mewujudkan Kabupaten Bangka Tengah Semakin Unggul merupakan visi yang ingin diwujudkan dalam periode RPJMD 2021-2026. Misi yang dilaksanakan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kerakyatan yang unggul dan berkelanjutan,” paparnya.

Selanjutnya dalam kajian sumber daya alam tentang potensi unggulan sumber daya alam Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2021-2026 oleh tim Universitas Bangka Belitung, akan difokuskan pada pemulihan ekonomi pasca pandemi virus Covid-19. Prioritas pembangunan tahun 2022 akan diarahkan pada peningkatan pelayanan publik, pemulihan pertumbuhan ekonomi, pembangunan sumber daya manusia dan pembangunan infrastruktur kewilayahan.

“Kami berharap semoga ini menjadi perhatian dan konsentrasi semua OPD terkait dengan apa yang menjadi unggulan di Bangka Tengah. Tentunya ini menjadi masukan bagi Pemerintah Bangka Tengah dan berharap dari keunggulan ini akan menjadi target kita semua baik bagi pemerintah maupun masyarakatnya saling bekerjasama dalam memajukan Bangka Tengah. Semoga Allah SWT meridhoi usaha kita untuk kesejahteraan masyarakat serta mewujudkan Kabupaten Bangka Tengah yang Semakin Unggul,” ujarnya diakhir sambutan.

Mendengarkan paparan dari Wakil Bupati Bangka Tengah, Dr. Robin selaku Ketua Tim Tenaga Ahli Universitas Bangka Belitung (UBB) menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah yang telah mempercayai UBB untuk bersama membangun daerah.

“Semoga hubungan ini terus berlanjut, saling bersinergi serta unggul bersama di masa mendatang,” ujarnya.

Menurutnya, Produk Unggulan Daerah (PUD) merupakan produk berupa barang maupun jasa yang dihasilkan oleh koperasi usaha kecil maupun menengah yang potensial untuk dikembangkan dengan memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki oleh daerah baik sumber daya alam, sumber daya manusia dan budaya lokal, serta mendatangkan pendapatan bagi masyarakat maupun pemerintah yang diharapkan menjadi kekuatan ekonomi bagi daerah dan masyarakat setempat.

 

Adapun Kabupaten Bangka Tengah memiliki komodita/produk unggulan (SDA) sebagai berikut:

1. sektor pertanian

2. sektor perkebunan

3. sektor perikanan

4. sektor peternakan

5. sektor kehutanan

6. sektor perdagangan.

7. sektor UMKM dan

8. sektor pariwisata

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah bekerja sama dengan UBB ini dihadiri oleh Ketua LPPM UBB beserta tim kajian SDA UBB, Ketua DPRD Bangka Tengah, beserta para tamu undangan lainnya.* (AGG/WEE/Foto: RDO)

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah