Home Berita Instansi dan Kementerian Gaungkan GEMARIKAN pada Anak-anak dan Ibu Hamil, Langkah Preventif Pemkab Bangka Tengah Cegah Stunting

Gaungkan GEMARIKAN pada Anak-anak dan Ibu Hamil, Langkah Preventif Pemkab Bangka Tengah Cegah Stunting

276
0
SHARE
Gaungkan GEMARIKAN pada Anak-anak dan Ibu Hamil, Langkah Preventif Pemkab Bangka Tengah Cegah Stunting

PANGKALAN BARU - Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah bekerja sama dengan TP-PKK Kabupaten Bangka Tengah menggelar kegiatan pembinaan pengolahan hasil perikanan dan sosialisasi GEMARIKAN yang bertempat di Posyandu Mangga Desa Batu Belubang, Kecamatan Pangkalan Baru, Senin (26/09/2022).

Wakil Ketua II TP-PKK Kabupaten Bangka Tengah Elshinta Sugianto, yang hadir dalam kegiatan ini mengatakan bahwa gerakan memasyarakatkan makan ikan atau yang dikenal dengan GEMARIKAN bertujuan untuk menyosialisasikan kepada masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan sehingga tercipta generasi yang sehat, kuat dan cerdas.

“Kegiatan yang dilaksanakan ini, dimaksudkan agar masyarakat mempunyai pemahaman tentang arti pentingnya mengonsumsi ikan bagi kesehatan dan juga sebagai salah satu upaya dalam mencegah stunting,” jelas Elshinta.

Menurutnya, melalui kegiatan makan olahan ikan yang digelar di Posyandu Mangga Desa Batu Belubang, Kecamatan Pangkalan Baru ini diharapkan anak-anak menyukai olahan ikan untuk pemenuhan kebutuhan gizi dan mencegah stunting.

“Hal itu senada dengan tema yang diangkat dalam kegiatan pagi ini, protein ikan untuk mencegah stunting,” ujar Elshinta.

Menambahkan, Zulyan selaku Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Kabupaten Bangka Tengah, mendukung inovasi yang diadakan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah. Melalui kegiatan GEMARIKAN ini, merupakan salah satu program yang sangat baik untuk kesehatan, serta salah satu upaya untuk mencegah terjadinya stunting.

Pada kegiatan ini juga dilakukan demo masak makanan balita serba ikan dan makanan untuk ibu hamil yang dipraktikan oleh anggota TP-PKK Kabupaten Bangka Tengah.

Saat ditemui tim Diskominfosta Bangka Tengah, Yuhana (40) masyarakat Desa Batu Belubang menyebutkan bahwa dengan adanya kegiatan sosialisasi tentang gemari ikan ini merasa sangat senang sekali.

“Setiap hari di rumah, olahan ikan itu Cuma digoreng atau direbus saja dan anak-anak atau balita, pasti merasa bosan atau susah untuk makan dari olahan ikan. Dengan adanya sosialisasi ini ada cara lain untuk memasak ikan agar anak mau memakan ikan,” ujarnya.

Yuhana berharap semoga acara seperti ini bisa diadakan lagi dan kegiatan demo masak ini bisa menciptakan inovasi bermacam-macam makanan.

“Bisa menjadi pengamalan untuk Ibu-ibu disini agar terinspirasi serta anak-anak juga jadi suka makan ikan," ujarnya terkesan.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Qori Ulfi Alawiyah

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Redoh Soniman