Home Daerah Gebyar Edukasi Kesehatan Remaja, Bangun Kesehatan Mental dan Spiritual Generasi Muda di Bangka Tengah

Gebyar Edukasi Kesehatan Remaja, Bangun Kesehatan Mental dan Spiritual Generasi Muda di Bangka Tengah

552
0
SHARE
Gebyar Edukasi Kesehatan Remaja, Bangun Kesehatan Mental dan Spiritual Generasi Muda di Bangka Tengah

PANGKALANBARU – Sebagai upaya meningkatkan pemahaman dan kesadaran remaja akan pentingnya kesehatan jasmani dan rohani, Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (TP-UKS/M) Bangka Tengah (Bateng) mengadakan kegiatan Gebyar Edukasi Kesehatan Remaja Tahun 2023, Rabu (18/10/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Santika ini diikuti oleh peserta usia remaja yang merupakan perwakilan siswa/siswi beserta guru pendamping dari sekolah/madrasah tingkat SMP/MTS hingga SMA/MA se-Kabupaten Bangka Tengah.

Mewakili Bupati Bateng, Tamimi selaku Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia Setdakab Bateng, membuka Gebyar Edukasi Kesehatan Remaja yang juga dihadiri oleh Ketua TP-UKS/M Bateng, Eva Algafry, serta menghadirkan narasumber, yakni Ustaz Kemas Mahmud Alhanif dan dr. Erwin Sumardi, SpKJ.

Tamimi mengatakan, kegiatan ini memiliki tujuan untuk memberikan pembekalan untuk para generasi muda khususnya usia remaja dalam menjaga kesehatan khususnya kesehatan rohani.

"Edukasi ini untuk memberikan pengetahuan bagi anak-anak ini terkait kesehatan remaja, salah satunya yang menjadi fokusnya adalah kesehatan mental seperti bimbingan spiritual," ujarnya.

Ia juga menuturkan jika gebyar edukasi ini diharapkan dapat membuat para generasi muda lebih mengenal dan sadar akan diri mereka sendiri.

"Kita harapkan dengan materi yang diberikan dapat semakin membentuk generasi yang berkualitas, baik berkualitas dari segi fisik maupun mentalnya," harap Tamimi.

Selaku Ketua TP-UKS/M Bateng, Eva Algafry, mengapresiasi kegiatan ini dikarenakan Gebyar Edukasi Kesehatan Remaja menjadi salah satu bentuk atau langkah untuk mengajak generasi muda lebih paham dan peduli tentang kesehatan diri maupun lingkungan.

“Ini adalah program yang sangat baik, jadi kita memberikan sosialisasi dan edukasi kepada generasi muda, akan kesehatan diri maupun lingkungan,” kata Eva.

Lebih lanjut Eva menjelaskan bahwa isu kesehatan mental pada remaja menjadi perhatian khusus TP-UKS/M Bateng sehingga materi yang akan diberikan berfokus pada pembangunan mental remaja.

"Saat ini banyak sekali kita lihat hal yang merusak mental kaum remaja, jadi pada kegiatan ini kita fokuskan untuk penguatan kesehatan mental dengan menghadirkan narasumber Ustaz Kemas karena kesehatan mental sendiri diawali dengan benteng agama yang baik. Kita juga mengundang dr. Erwin spesialis kesehatan jiwa," jelasnya.

Ia juga berharap generasi muda Bangka Tengah dapat memahami dan memiliki kesadaran dalam menjaga kesehatan mental dengan pola pikiran yang positif, serta memilah pergaulan dan kegiatan yang positif, sehingga sehat secara mental dan spiritual.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Yudi Rispandy

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Yudi Rispandy