Home Berita Instansi dan Kementerian Gebyar Pelayanan KB Gratis Bangka Tengah Digelar, Masyarakat Akui Sangat Terbantu

Gebyar Pelayanan KB Gratis Bangka Tengah Digelar, Masyarakat Akui Sangat Terbantu

477
0
SHARE
Gebyar Pelayanan KB Gratis Bangka Tengah Digelar, Masyarakat Akui Sangat Terbantu

KOBA – Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Kejaksaan Negeri Bangka Tengah serta Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, melalui DPPKBPPPA Bangka Tengah, menggelar acara Gebyar Pelayanan Keluarga Berencana (KB) Gratis dalam rangka bulan Bakti Ikatan Bidan Indonesia (IBI) tahun 2023. Kegiatan gebyar ini diselenggarakan di Kantor Kejaksaan Negeri Bangka Tengah, Selasa (13/06/2023).

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengapresiasi kolaborasi yang diadakan dalam kegiatan Gebyar Pelayanan KB gratis untuk masyarakat di Bangka Tengah ini. Diungkapkannya, tujuan dari pelayanan KB ini agar dapat terwujudnya kesejahteraan ibu serta anak, juga NKKBS (Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera) yang berorientasi pada pertumbuhan yang seimbang.

“Hari ini luar biasa, kita dapat berkolaborasi dengan berbagai stakeholder, seperti IAD, IBI, dan Kejaksaan Negeri Bangka Tengah dalam melaksanakan pelayanan KB gratis. Tentunya ini akan terus kita lakukan karena semata-mata untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta memberikan akses kesehatan,” jelas Algafry.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Tengah, Muhammad Husaini, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung acara ini sehingga bisa berjalan dengan lancar.

“Saya berharap mudah-mudahan kegiatan seperti ini akan membantu kita semua khususnya masyarakat dan pemerintah daerah dalam hal memberikan pelayanan sosial, memberikan bantuan dan dukungan kepada masyarakat,” kata Husaini.

Ia mengakui dirinya beserta jajaran Kejaksaan Negeri Bangka Tengah akan terus dan siap berkolaborasi dengan pemerintah daerah atau instansi terkait untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Bangka Tengah.

“Dalam waktu dekat, saya bersama Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) akan berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Bangka Tengah akan melakukan intervensi stunting di Bangka Tengah,” ungkapnya.

Salah satu warga Simpang Jongkong, Tika Yulianti (25), mengaku sangat terbantu dengan adanya gebyar pelayanan KB gratis ini. Tika juga berterima kasih kepada Kejaksaan serta Pemkab Bangka Tengah yang berkolaborasi menyelenggarakan pelayanan KB.

“Biasanya di bidan dan puskesmas berbayar, jadi kami ingin memanfaatkan kesempatan pelayanan gebyar KB gratis ini. Biasanya saya menggunakan KB Suntik tapi sekarang mau mencoba yang KB Implan,” ujarnya.

Selain menggelar pelayanan KB gratis, Pemkab Bangka Tengah dan Kejaksaan Negeri Bangka Tengah juga turut membagikan sembako gratis kepada warga yang mengikuti pelayanan KB gratis.

“Alhamdulillah, kita juga diberikan sembako gratis. Harapannya kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan lagi karena tentunya ini meringankan kami,” ucap Tika penuh haru.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua IAD Bangka Tengah, Kepala DPPKBPPPA Bangka Tengah, Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, Kepala Puskesmas Koba,  Ketua PC IBI Bangka Tengah, dan para Ibu yang mengikuti KB.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Qori Ulfi. A/ Prayogi Januardi

Editor: Asti P.

Fotografer: Prayogi Januardi