Home Berita Instansi dan Kementerian Gebyar Pesona Durian Desa Air Mesu Jadi Destinasi Pilihan Pengisi Liburan

Gebyar Pesona Durian Desa Air Mesu Jadi Destinasi Pilihan Pengisi Liburan

146
0
SHARE
Gebyar Pesona Durian Desa Air Mesu Jadi Destinasi Pilihan Pengisi Liburan

PANGKALANBARU – Gelaran rangkaian acara Gebyar Pesona Durian Desa Air Mesu oleh Pemkab Bangka Tengah telah dimulai. Dibuka oleh Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, Lapangan Bola Desa Air Mesu jadi tempat berlangsungnya acara ini pada Jumat (09/02/2024).

Diselenggarakan selama 3 hari berturut-turut yakni dari 09 hingga 11 Februari 2024, acara ini menghadirkan berbagai macam kegiatan hiburan.

Hari pertama pembukaan gebyar, selain dihadirkannya pasar dari berbagai macam durian lokal, acara ini juga mengadakan lomba olahan makanan yang berasal dari buah durian, seperti es, kue, serta makanan ringan lainnya.

Meskipun sempat diterpa hujan, Bupati serta beberapa para Kepala OPD terlihat menikmati acara sembari mencicipi nikmatnya buah durian lokal dari Bangka Tengah ini.

"Alhamdulillah, walaupun suasana hujan tetap kita laksanakan Gebyar Pesona Durian Desa Air Mesu ini. Kegiatan yang memang ingin kita gelar setiap tahunnya dengan harapan buah durian lokal kita bisa semakin dikenal masyarakat luar," kata Algafry.

Program pelestarian tanaman buah durian juga kerap didukung oleh Pemkab Bangka Tengah.

"Salah satu upaya Pemkab untuk tetap melestarikan tanaman durian lokal ini yakni dengan memberikan bibit yang telah ditanam di area dengan luas 22 hektar. Kegiatan yang melibatkan Gapoktan dari masyarakat Air Mesu ini telah berangsung dari tahun lalu. Mudah-mudahan empat tahun yang akan datang sudah bisa dipanen," harapnya.

Potensi wisata pun tak luput dari perhatian Pemkab. Karena ini mempunyai daya Tarik tersendiri. Algafry beranggapan bahwa kegiatan ini juga memberikan dampak kepada pesona wisata yang ada di Bangka Tengah.

“Kita berharap ke depannya durian ini tidak akan putus produksinya, itu mekanisme yang akan kita berlakukan. Diharapkan nantinya setiap bulan akan selalu ada durian yang siap untuk kita panen. Jadi ini adalah pola yang akan kita lakukan bersama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bangka Tengah," jelas bupati.

Jangan lewatkan keseruan lainnya dari Gebyar Pesona Durian Desa Air Mesu tahun 2024, antara lain Kontes Durian Lokal, Lelang Durian, Makan Durian Bersama, Bazar UMKM, serta Podcast Selayang Pandang Durian.

“Ayo, datang ke Gebyar Pesona Durian Desa Air Mesu!” ajak Bupati Bangka Tengah.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Onie R. Bana

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Redoh Soniman/Dodi Firmansyah