Home Berita Terkini Geliatkan Wisata Bateng Semakin Unggul, Herry Erfian Bubuhi Wisata dengan Sajian Kuliner Higienis

Geliatkan Wisata Bateng Semakin Unggul, Herry Erfian Bubuhi Wisata dengan Sajian Kuliner Higienis

89
0
SHARE
Geliatkan Wisata Bateng Semakin Unggul, Herry Erfian Bubuhi Wisata dengan Sajian Kuliner Higienis

Pangkalan Baru -  Pariwisata merupakan salah satu sektor strategis yang memiliki peran dan kontribusi penting dalam Pembangunan Perekonomian Nasional maupun Daerah dan industri kuliner mempunyai potensi yang sangat kuat untuk berkembang.

Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dalam rangka mendukung sub sektor tersebut melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga melaksanakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Inovasi dan Higienitas Sajian Kuliner di Tempat Wisata, bertempat di Hotel Grand Vella, Selasa (07/12/2021).

Membuka kegiatan, Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian, ST., mengatakan bahwa di Bangka Belitung khususnya di Kabupaten Bangka Tengah, 23 dari 63 desa merupakan daerah pesisir yang mempunyai banyak tempat wisata. Hal ini bisa saling bersinergi dengan kegiatan-kegiatan ekonomi lainnya khususnya UMKM, yaitu produk- produk UMKM.

"Pelatihan ini diselenggarakan untuk memberdayakan masyarakat agar dapat berperan penting dalam upaya menyikapi potensi pariwisata atau daya tarik pariwisata dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia pengelola wisata, yang memiliki kompetensi dalam menyajikan kuliner beserta higienitasnya selaku penggerak pariwisata Bangka Tengah," ucapnya.

Herfian juga berharap agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius, disiplin dan menaati tata tertib yang berlaku agar peserta dapat menjadi mahir/terlatih serta dapat menambah ilmu pengetahuan terkait inovasi kuliner dan higienitasnya. Sekaligus bisa memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Bangka Tengah sehingga mampu menciptakan sumber daya manusia yang berkompeten.

"Kita harus tetap optimis bahwa dunia pariwisata akan tetap bisa bertahan dan berjaya walaupun di masa pandemi yang masih tetap membayangi sendi-sendi kehidupan di masyarakat. Namun kita berharap wisata yang dibubuhi inovasi beraneka sajian aneka kuliner yang higienis di Bumi Selawang Segantang dapat menjadi salah satu keunggulan pada pariwisata di Kabupaten Bangka Tengah agar berhasil dan semakin unggul," tutupnya.

Sementara itu, Hartono, S.IP selaku Ketua Panitia kegiatan dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar para peserta dapat meningkatkan wawasan dan melakukan inovasi serta kreativitas kuliner di destinasi wisata yang dikelola. Selain itu juga, para peserta dapat mengetahui dan memahami sajian yang sehat dan berkualitas serta menarik bagi wisatawan. Juga untuk meningkatkan ekonomi kreatif dan kegiatan ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, yakni dari  07-09 Desember 2021. Peserta kegiatan ini berasal dari pengelola destinasi wisata yang memiliki usaha kuliner/jajaran dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang se-Kabupaten Bangka Tengah.

Hadir dalam acara ini yaitu Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka Tengah, Kepala Bidang Pariwisata Disbudparpora dan para peserta pelatihan. (MRT/WEE/foto: MRT)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah