Home Berita Instansi dan Kementerian Gerakan Pangan Murah Koba Tawarkan Harga di Bawah Harga Pasar, Laris Manis Diborong Warga

Gerakan Pangan Murah Koba Tawarkan Harga di Bawah Harga Pasar, Laris Manis Diborong Warga

160
0
SHARE
Gerakan Pangan Murah Koba Tawarkan Harga di Bawah Harga Pasar, Laris Manis Diborong Warga

KOBA – Berbagai upaya dan langkah strategis terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng) dalam mengatasi inflasi yang menjadi ancaman serius terhadap kondisi ketahanan pangan daerah.

Oleh karena itu, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Bateng pada Selasa (11/06/2024) di Halaman Polsek Koba, Bundaran Tugu Ikan, kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) sebagai langkah stabilisasi pasokan dan harga pangan, serta pengendalian inflasi pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Iduladha 2024.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, turut turun ke lapangan memantau kegiatan Gerakan Pangan Murah ini bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Bangka Tengah, Eva Algafry.

"Gerakan pangan murah ini bertujuan untuk membantu masyarakat agar dapat memperoleh bahan pangan dengan harga yang terjangkau di bawah harga pasar, serta menjaga ketersediaan pasokan dan harga pangan guna menekan inflasi di Kabupaten Bangka Tengah menjelang hari besar keagamaan Iduladha tahun 2024 ini," ungkap Bupati.

Ia melanjutkan, melalui kegiatan ini masyarakat dapat menikmati harga murah dari distributor, peternak dan petani langsung.

"Oleh karena itu, saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kebersamaan instansi, BUMN dan distributor pangan dalam partisipasinya pada kegiatan ini. Mudah-mudahan kegiatan gerakan pangan murah yang dilaksanakan ini dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat serta dapat mendukung pemerintah dalam mewujudkan pangan yang kuat dan berdaulat," pungkasnya.

Menjadi penggagas Gerakan Pangan Murah, Dian Akbarini, selaku Kepala DPKP Bangka Tengah, mengatakan bahwa Gerakan Pangan Murah ini berlangsung satu hari saja dengan menjual berbagai produk seperti sembako, dan produk-produk hasil pertanian di Bangka Tengah.

"Alhamdulillah dari kegiatan Gerakan Pangan Murah hari ini kita sediakan berbagai sembako juga hasil pertanian dari Kelompok Wanita Tani (KWT) kita yang masih segar semua," tuturnya.

Ia juga menceritakan betapa larisnya sejumlah hasil pertanian yang dijajakan pada kegiatan GPM kali ini.

"Tadi luar biasa sekali ya, yang paling laku itu ada cabai kecil sebanyak 17 kg, juga sawi telor 10 kg, semua ludes hanya dalam waktu singkat," ujarnya terkesan.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Onie R. Bana

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Redoh Soniman