Home Berita Terkini Gunakan Teknologi Probio FM, Upaya Peningkatan Sektor Peternakan di Bangka Tengah

Gunakan Teknologi Probio FM, Upaya Peningkatan Sektor Peternakan di Bangka Tengah

1,105
0
SHARE
Gunakan Teknologi Probio FM, Upaya Peningkatan Sektor Peternakan di Bangka Tengah

KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng) berikan apresiasi kepada para mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Bangka Belitung (KKN UBB) yang telah memberikan bantuan beserta pembekalan kepada peternak dalam mengelola Probio FM pada pakan ternak sapi dan tanaman agar lebih sehat.

Pasalnya, potensi sektor peternakan di Kabupaten Bateng terus meningkat sehingga pembinaan bagi peternak harus ditingkatkan. Hal ini tentu akan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat melalui sektor peternakan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Staff Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Wahyu Nurrakhman saat menghadiri Workshop Probio FM - UBB di Lapangan Ternak Desa Cambai, Kamis (6/10/2022).

"Pada dasarnya Bangka Tengah berterima kasih kepada UBB khususnya kepada mahasiswa KKN yang berinisiatif mengajak teman-teman Dinas Pertanian Provinsi Babel untuk memberikan pengetahuan terkait pola pengembangan pakan ternak yang ada di Desa Cambai," ucap Wahyu.

Dijelaskannya, Probio FM ini merupakan sebuah teknologi yang merupakan produk yang digagas oleh UBB dalam meningkatkan produktivitas hewan ternak melalui pakan yang lebih efisien.

"Pakan ternak pada umumnya itu dapat dimodifikasi hanya makan rumput, kemudian dikelola dengan bahan lain. Jadi maksudnya memanfaatkan teknologi seperti Probio FM itu ternyata bisa dicampurkan dengan makanan ternak. Nilai gizinya bertambah, teknologi seperti ini terbukti 80% diserap oleh tubuh hewan sehingga tumbuh kembangnya lebih efisien dan sehat,” jelas Wahyu.

Selain itu, Ia mengungkapkan upaya pemerintah untuk meningkatkan minat masyarakat beternak di Bangka Tengah saat ini terus meningkat. Menurut Wahyu kegiatan atau pembekalan seperti ini harus terus dilakukan, pasalnya pengetahuan peternak akan menjadi dasar dalam keberhasilan para peternak kedepannya untuk membangun sektor peternakan di Bangka Tengah.

"Peningkatan sektor peternakan itu kan tidak bisa dinilai dari sisi jumlahnya saja, meningkatnya animo masyarakat juga mempengaruhi,” ungkapnya.

Jika dulunya masyarakat Bangka Tengah (umumnya-red) kurang berminat terhadap peternakan sapi, dikatakan Wahyu, namun karena komitmen Pemkab Bateng yang berkelanjutan dan terus menerus memberikan motivasi agar melakukan alternatif lain untuk berusaha terutama di bidang peternakan, saat ini membuahkan hasil.

“Alhamdulillah, animo masyarakat berubah, semakin berminat di bidang peternakan. Kemudian dari sisi jumlah ternak kita juga terus bertambah. Ketersediaan ternak kita di Bangka Tengah sudah tercukupi," terang Wahyu. *Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Hardian

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Irvan